Iklan dempo dalam berita

Waspadai! Ini 3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha

Waspadai! Ini 3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha

3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha--

BACA JUGA:Idul Adha 2024, Ini 7 Cara Jitu Mengolah Daging Kurban agar Lebih Empuk dan Tidak Berbau Prengus

3. Ciri Hewan Kurban Sehat: Memiliki Postur Tubuh yang Tegap

Hewan yang sehat dapat juga dilihat dari postur tegapnya. Apabila dia termasuk sehat maka postur tubuhnya pasti tegap saat berdiri. Namun apabila tidak, maka harus dihindari karena itu bisa jadi tanda hewan tersebut memiliki kecacatan.

4. Aktif dan Reaktif

Aspek keempat yang tidak kalah penting adalah hewan yang sehat secara jasmani biasanya aktif dan reaktif ketika didekati oleh seseorang. Hewan yang sehat akan lincah, kuat, bersemangat, tidak gelisah, dan tidak lemas.

BACA JUGA:Lezat dan Mudah Dibuat, Ini 4 Resep Olahan Daging Kurban Idul Adha 2024

5. Nafsu Makannya Baik

Secara umum, hewan yang sehat dapat dikenali dari nafsu makannya. Hal itu karena hewan sehat akan tetap makan dengan porsi yang sesuai dengan bobot badannya.

Mengutip dari IPB, penurunan nafsu makan pada hewan adalah tanda awal ternak yang sakit. Penurunan nafsu makan ini dapat berpengaruh terhadap aktivitas ternak.

Jika nafsu makannya baik, hewan ternak itu sudah pasti banyak bergerak dan lincah. Sementara yang nafsu makannya buruk, hewan akan terlihat murung, lesu, dan tidak bergairah. Jadi sebelum membeli hewan kurban, pastikan hewan tersebut nafsu makannya baik atau tidak.

BACA JUGA:8 Resep Olahan Daging Kambing Kurban Idul Adha 2024, Mudah Dibuat dan Lezat

6. Ciri Hewan Kurban Sehat, Memiliki Bulu yang Berkilau

Selanjutnya, hewan yang sehat dapat diketahui dari bulu halusnya. Hewan sehat memiliki bulu halus yang berkilau dan tidak mudah rontok. Rambut pada hewan kurban juga tidak berdiri dan berubah warna. 

Selain itu, pastikan kulit hewan kurban juga terbebas dari parasit kulit, seperti tungau, pinjal, kutu, dan sebagainya.

Pasalnya, kulit hewan yang terlihat kusam dan bobot badannya sangat kurus, itu bisa jadi hewan tersebut terkena cacingan. Sehingga hewan dengan ciri-ciri tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: