Iklan dempo dalam berita

Ini 5 Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji, Salat Fajar Hingga Menambah Amal Ibadah

Ini 5 Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji, Salat Fajar Hingga Menambah Amal Ibadah

Ini 5 Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji--foto: rbtv.co.id

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini 5 amalan sunah yang bisa dilakukan setelah pulang haji, salat fajar hingga menambah amal ibadah

Pelaksanaan Ibadah Haji sudah usai. Jutaan jamaah saat ini secara bertahap tengah memasuki fase kepulangan, termasuk  jemaah haji Indonesia. 

Setelah sekian hari mengerjakan ibadah, tentu mereka berharap agar hajinya diterima Allah SWT. 

BACA JUGA:Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia di 14 Embarkasi, Berikut Doa Pulang Haji bagi Jemaah Haji dan Keluarga

Supaya haji diterima, para jemaah haji diharapkan menjalankan ibadah haji sesuai dengan aturannya dan mewujudkan substansinya dalam laku keseharian. 

Orang yang dapat melakukan ini disebut haji mabrur.

Sebuah hadits riwayat Ahmad menyebutkan, “Tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga.” Sebagai tambahan, Al-Bukhari meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah RA yang pernah mendengar Nabi berkata, “Orang yang beribadah haji dan tidak melakukan perbuatan keji dan fasik, maka ia seperti seorang bayi yang baru lahir.” Itulah keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada orang yang beribadah haji dengan baik dan sempurna.

BACA JUGA:Ini Doa Menyambut Orang Pulang Haji yang Dianjurkan, Bisa Diamalkan Keluarga

Sesampai di tanah air,  jemaah haji ini dianjurkan untuk melakukan amal saleh. Hendaklah memperbanyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji

Berikut ini lima perkara yang bisa dikerjakan jamaah haji sekembalinya di tanah air.

1. Shalat Sunnah Safar

Saking senangnya bertemu keluarga setelah meninggalkannya selama lebih dari sebulan menjadikan seorang jamaah haji –terkadang- lupa dengan sunnah sepulang dari perjalanan jauh. Sebelum ia masuk ke rumahnya, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam untuk mengerjakan shalat dua rakaat di masjid yang biasa dipakainya untuk berjamaah.

Dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu 'Anhu, berkata:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: