Iklan dempo dalam berita

Waspadai! Ini 3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha

Waspadai! Ini 3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha

3 Jenis Penyakit Menular dari Hewan Kurban Saat Idul Adha--

BACA JUGA:Biar Paham, Begini Hukum Memakan Daging Kurban Bagi Orang yang Bernazar Kurban

2. Penyakit LSD atau Lato-Lato

Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi dan kerbau adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dicirikan dengan adanya benjolan pada kulit sapi.

Timbulnya benjolan atau bintik-bintik pada kulit hewan yang tertular. Diawali dengan bintik-bintik tersebut kecil dan keras, tetapi secara bertahap tumbuh ukurannya dan menjadi lembut serta berisi cairan.

Virus yang menyebabkan LSD ini masuk ke dalam genus Capripoxvirus yang ditularkan melalui antropoda, terutama serangga pengisap darah seperti lalat, nyamuk, atau caplak.

BACA JUGA: Pilih Mana? Duel HP 1 Jutaan, Hp Poco C65 Vs Vivo Y03, Harganya Murah Meriah Spesifikasi Boleh Dicoba!

Gejala yang timbul sangat bervariasi dari ringan sampai berat. Gejala umum diawali dengan demam dan kadang diikuti dengan keluarnya ingus maupun leleran dari konjungtiva mata.

Adapun gejala yang bisa paling terlihat adalah munculnya nodul-nodul pada kulit. Nodul atau bintil-bintil ini tampak menonjol dengan diameter 2-5 sentimeter, berbatas jelas, tersebar di daerah leher, punggung, perineum, ekor, tungkai, dan organ genital.

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat dan Memenuhi Syarat Berkurban, Penting Bagi yang Mau Berkurban

Apakah hewan berpenyakit LSD layak dikonsumsi?

Apakah daging hasil sembelih dari hewan yang terkena LSD dapat dikonsumsi? Dokter Hewan Syifa menuturkan karena luka/lesio yang diakibatkan oeh LSD menembus hingga ke otot menyebabkan otot tersebut tidak layak dikonsumsi dan harus di triming/disisihkan untuk dibuang.

BACA JUGA:Sebelum Berkurban, Ketahui Dulu 7 Sunnah Bagi Orang yang Berkurban Berikut ini

3. Penyakit Peste des petits ruminants (PPR)

Dilansir dari website DitjenPKH Pertanian, Peste des petits ruminants (PPR) merupakan salah satu penyakit virus pada kambing dan domba yang ditandai dengan peradangan pada saluran pencernaan dan pernafasan. Penyakit ini masuk dalam “daftar penyakit” yang dibuat oleh OIE.

BACA JUGA:Biar Paham, Begini Hukum Memakan Daging Kurban Bagi Orang yang Bernazar Kurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: