Iklan dempo dalam berita

Ingin Bertamu ke Rumah Orang yang Pulang Haji, Sebaiknya Baca Doa Ini

Ingin Bertamu ke Rumah Orang yang Pulang Haji, Sebaiknya Baca Doa Ini

Ingin Bertamu ke Rumah Orang yang Pulang Haji, Sebaiknya Baca Doa Ini--foto:ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ingin bertamu ke rumah orang yang pulang haji, sebaiknya baca doa ini.

Mengunjungi seseorang yang pulang berhaji dari tanah suci adalah bentuk tradisi turun temurun dalam masyarakat muslim di Indonesia.

Tradisi ini sebagai salah satu cara untuk memberikan selamat, saling mendoakan dan cara sederhana untuk saling memperkuat persaudaraan (ukhuwah Islamiyah).

BACA JUGA:Ini 5 Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan Setelah Pulang Haji, Salat Fajar Hingga Menambah Amal Ibadah

Selain, tentu saja, berharap agar mendapatkan barakah dari orang yang mendapatkan kemuliaan untuk bertamu di rumah Allah (Baitullah) di Makkah-Madinah.

Biasanya, ketika mengunjungi orang sehabis pulang haji, maka akan disuguhi pelbagai jajanan maupun oleh-oleh khas tanah suci. Mulai dari kurma hingga air zamzam.

Untuk itulah, agar kian barakah, para ulama menganjurkan membaca doa ini ketika bertamu atau mengunjungi orang sehabis haji tersebut.

BACA JUGA:Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia di 14 Embarkasi, Berikut Doa Pulang Haji bagi Jemaah Haji dan Keluarga

Doa Saat Bertamu ke Rumah Orang yang Pulang Haji

Selain bertujuan untuk bersilaturrahim juga untuk meminta doa dan memberi ucapan selamat karena telah menunaikan ibadah Haji dan kembali ke tanah air tercinta.

Dan meminta doa kepada orang yang baru pulang Haji merupakan sebuah anjuran dari Rasulullah SAW.

Selain itu juga berharap mendapat barokah dari orang tersebut agar diberi kemudahan bertamu ke tanah suci juga di kemudian hari.

BACA JUGA:Ini Doa Menyambut Orang Pulang Haji yang Dianjurkan, Bisa Diamalkan Keluarga

“Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: ‘Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika kamu menjumpai orang yang baru berpulang dari haji maka berilah salam kepadanya, dan jabatlah tangannya, serta mintalah kepadanya untuk memohonkan ampun buatmu sebelum ia memasuki rumahnya, sebab ia telah diampuni dosa-dosanya,” (HR Imam Ahmad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: