Iklan dempo dalam berita

Pembagian Hewan Kurban yang Benar, Begini Syarat dan 9 Ketentuannya

Pembagian Hewan Kurban yang Benar, Begini Syarat dan 9 Ketentuannya

Ketentuan pembagian hewan kurban--

Ulama yang memiliki pendapat ini menganggap bahwa cara pembagian yang seperti ini dianggap lebih efisien karena penerima tidak harus repot memasak dulu namun langsung bisa memakannya.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Rincian Dana Desa Kabupaten Tulungagung Jawa Timur 2024

- Dibagi Menjadi Tiga Bagian

Ada juga pendapat dari sebagian ulama lainnya yang menyatakan bahwa sebaiknya daging dari hewan kurban dibagikan kepada tiga golongan, yaitu sepertiga bagian untuk kaum fakir miskin, sepertiga berikutnya untuk orang yang melakukan ibadah kurban tadi, dan sepertiga sisanya untuk orang kaya.

Ada juga yang menafsirkan bahwa maksud dari orang kaya di sini adalah para kerabat, tetangga, dan juga sahabat atau orang-orang terdekat lain dari orang yang berkurban tadi.

Meskipun orang-orang ini termasuk dalam kategori berkecukupan, mampu, atau bahkan kaya namun berhak untuk mendapatkan bagian dari daging kurban tadi.

- Sedekahkan Semua Daging Kurban

Lalu ada juga pendapat ulama lain yang lebih menganjurkan bahwa sebaiknya daging dari hewan kurban disedekahkan hampir seluruhnya kepada fakir dan miskin.

Adapun orang yang berkurban tidak boleh mengambil daging namun hanya sedikit saja bahkan tidak sampai seperempat bagian. Hal ini dianggap akan mendatangkan lebih banyak keberkahan dari ibadah kurban yang telah dilakukan.

BACA JUGA:Warga Bumi Reog, Ini Rincian Dana Desa di Kabupaten Ponorogo Tahun 2024 untuk 281 Desa

3. Mengutamakan Kepentingan Umat

Masih terkait dengan waktu pembagian hewan kurban tadi, daging boleh untuk disimpan selama beberapa hari atau lebih namun di hadist berbeda yang diriwayatkan oleh Bukhari dijelaskan bahwa waktu pembagian maksimal adalah saat hari tasyrik.

Adapun pertimbangan dari hal ini adalah untuk mengutamakan kepentingan para umat. Maksudnya adalah daging kurban sebaiknya harus segera dibagikan kepada orang-orang yang memang berhak menerima tadi agar bisa segera dimanfaatkan yaitu dikonsumsi.

4. Jenis Hewan Kurban Harus Tepat

Daging kurban yang dibagikan haruslah berasal dari hewan yang memang diperbolehkan untuk dikurbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: