Iklan dempo dalam berita

Waspadai! Ini Bahaya Obat Nyamuk Semprot, Salah Satunya Picu Penumpukan Cairan Dalam Paru

Waspadai! Ini Bahaya Obat Nyamuk Semprot, Salah Satunya Picu Penumpukan Cairan Dalam Paru

Bahaya obat nyamuk semprot--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Waspadai! ini bahaya obat nyamuk semprot, salah satunya picu penumpukan cairan dalam paru.

Obat nyamuk semprot umumnya dikemas dalam botol aluminium aerosol. Penggunaannya dilakukan dengan cara disemprotkan ke udara.

BACA JUGA:Gadai SK PNS Bisa Dapat Rp 1 Miliar, Begini Cara dan Syarat Pengajuannya

Jika terhirup atau tertelan, bahaya obat nyamuk semprot yang mengandung permetrin dapat menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, muntah, hingga kehilangan kesadaran.

Obat nyamuk kini menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang tidak boleh terlewatkan.  Salah satu jenis obat nyamuk yang efektif dan praktis ialah obat nyamuk semprot. Tak hanya untuk nyamuk, produk ini juga ampuh untuk membunuh semut, lalat, dan kecoak.

BACA JUGA:Gadai SK PNS di BNI Bisa Cair Rp 150 Juta, Siapkan Dokumen Ini dan Ikuti Langkah-langkahnya

Meski berguna untuk membunuh serangga, penggunaan obat nyamuk semprot yang tidak aman bisa merugikan kesehatan, terlebih bila tak sengaja terhirup ke dalam saluran pernapasan.

Berikut ini merupakan bahaya dari menghirup obat nyamuk semprot yang perlu Anda waspadai:

1. Pyrethrum
Pyrethrum telah sejak lama digunakan sebagai obat pembunuh serangga. Zat ini berasal dari bunga krisan yang diambil dengan cara mengeringkan dan mengekstrak sarinya.

BACA JUGA:PNS Siap-siap, Ini Jadwal Pencairan Gaji 13 PNS dan 5 Komponen di Dalamnya

Pyrethrum bisa memicu penyakit asma, kerusakan sistem saraf, hingga gangguan kekebalan tubuh bila masuk ke dalam tubuh secara terus-menerus atau dalam jumlah banyak.

Menurut para ahli dari National Poisons Centre, gejala ringan akibat menghirup pyrethrum bisa berupa, mual, muntah, sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Selain itu, zat ini juga bisa menyebabkan dampak yang lebih berbahaya, seperti kejang-kejang, penumpukan cairan dalam paru (edema paru), koma, hingga kematian.

BACA JUGA:PDAM Tirta Seluma Berkah Diusulkan Menjadi Perumda

2. DEET
Secara umum, N,N-diethyl-meta-toluamide atau DEET merupakan kandungan yang tergolong aman dan tidak berbahaya dalam obat nyamuk semprot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: