Iklan dempo dalam berita

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

6 bahaya konsumsi kolagen berlebihan;--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tidak dipungkiri banyak orang berlomba-lomba untuk terlihat cantik. Karenanya tidak sedikit yang rutin melakukan perawatan wajah, olahraga dan mengkonsumsi makanan dan suplemen sehat lainya. 

Salah satunya yang sangat popular di kalangan masyarakat saat ini adalah kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein paling melimpah dalam tubuh manusia dan hewan.

Kolagen ini berperan penting dalam membangun struktur pada tubuh Anda seperti kulit, tulang, otot, dan jaringan ikat lainnya. Fungsinya layaknya seperti lem yang merekatkan seluruh tubuh menjadikan kolagen sangat diminati. 

BACA JUGA:Lulusan SMA/ SMK Merapat, Ada 6 Posisi Pekerjaan PT JNE, Pendaftaran Ditutup 30 November 2023

Kolagen juga berfungsi untuk membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, sekaligus mengurangi kondisi kulit kering dan keriput pada wajah Anda. Selain itu Kolagen juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka. 

Meskipun tubuh manusia dapat membuat kolagen secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh melambat dan mulai menurun.

Dengan tetap menjaga dan mengkonsumsi kolagen, dapat membantu tubuh Anda untuk tetap terlihat sehat. Wajah juga terlihat lebih muda dan kencang, oleh sebab itu banyak orang mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru November 2023, Stylish Namun Tidak Buat Kantong Jebol

Selain pada makanan, Anda dapat mengkonsumsi suplemen kolagen untuk mendapatkan tambahan kolagen untuk kesehatan tubuh. Namun apa jadinya jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak kolagen? Berikut dampaknya pada tubuh.

1. Gangguan Tidur

Efek samping yang pertama dari konsumsi kolagen berlebihan adalah gangguan tidur. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapatnya kandungan bernama biotin di dalam suplemen kolagen berisiko dapat menyebabkan insomnia.

BACA JUGA:Periode November Cair hingga Rp750.000, Tak Perlu ke ATM, Cek Bansos PKH Cukup Lewat HP

2. Reaksi Alergi

Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology (2021). Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki alergi seafood cenderung lebih sensitif terhadap suplemen kolagen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: