Iklan dempo dalam berita

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

6 bahaya konsumsi kolagen berlebihan;--

Karena ada beberapa jenis produk kolagen yang terbuat dari sisik atau kulit ikan. Kolagen ini dapat menimbulkan reaksi alergi terutama pada seseorang yang sensitif dengan makanan laut atau mempunyai Riwayat alergi.

Reaksi alergi yang ditimbulkan di antaranya mengigil, kulit gatal, sesak napas, sakit kepala, hingga pingsan.

Sangat disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu pada pakarnya sebelum membeli produk kolagen yang Anda inginkan.

BACA JUGA:Segera Daftar, PT Traktor Nusantara Astra Group Buka Lowongan 4 Posisi Terbaru, Lamaran Kirim Lewat Online

3. Gangguan Pencernaan

Suplemen kolagen sering kali diperkaya dengan kandungan biotin guna memaksimalkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 

Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, senyawa biotin tersebut justru berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, kram perut, diare atau bahkan sembelit.

Meskipun demikian, efek samping minum kolagen ini biasanya dapat mereda dengan sendirinya. Anda juga bisa membantu mengurangi gangguan pencernaan tersebut dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat secukupnya.

4. Bau Mulut

Efek samping lainya juga mempengaruhi bau mulut bagi mereka yang terlalu banyak konsumsi kolagen. Mengonsumsi kolagen secara berlebihan dapat mengubah keseimbangan bakteri di dalam mulut Anda. 

Peningkatan pertumbuhan bakteri tertentu di dalam mulut dapat memicu produksi senyawa berbau yang pada akhirnya dapat mengakibatkan bau mulut.

BACA JUGA:Calon Mitra Statistik BPS 2024 Wajib Punya HP RAM 2 GB, Benarkah? Coba Cek Dulu

5. Hiperkalsemia

Hiperkalsemia adalah kondisi medis ketika kadar kalsium dalam darah Anda menjadi terlalu tinggi hingga melebihi batas normal. 

Adapun beberapa gejala atau tanda umum yang sering di alami penderita hiperkalsemia diantaranya susah buang air besar atau sembelit, mudah merasa lelah, nyeri pada tulang, merasa mual, muntah-muntah, serta irama jantung menjadi tidak teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: