Iklan dempo dalam berita

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

Penting Tahu, Ini 6 Bahaya Konsumsi Kolagen Berlebihan bagi Tubuh

6 bahaya konsumsi kolagen berlebihan;--

Kondisi ini dapat dipicu oleh mengonsumsi suplemen yang berasal dari sumber hewani secara berlebihan, salah satunya adalah mengonsumsi kolagen. 

BACA JUGA:Untuk Fresh Graduate, PT Pamapersada Nusantara Buka Lowongan Kerja, Pendaftaran Tutup 30 November 2023

6. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan efek samping minum kolagen berlebihan yang perlu diwaspadai. Umumnya, minuman yang mengandung kolagen mengandung asam amino hydroxyproline yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam oksalat di dalam tubuh Anda. 

Bila terjadi dalam kurun waktu lama atau Anda mengonsumsinya secara berlebihan, ini dapat menumpuk asam oksalat tersebut sehingga berisiko memicu terbentuknya batu ginjal.

Namun, sangat jarang ditemukan kasus seseorang mengalami efek samping kolagen yang berasal dari sumber asli. Perlu diperhatikan bahwa efek samping akibat mengonsumsi kolagen sangat jarang terjadi terutama bila dikonsumsi dengan wajar.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru Beli Obat, Pakai Bumbu Dapur Ini untuk Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki riwayat alergi, sangat dianjurkan untuk konsultasi kepada ahli atau dokter, sebelum menggunakan kolagen untuk mencegah terjadinya hal yang tidak dinginkan. 

Anda juga dapat mempertimbangkan dari pada mengkonsumsi suplemen kolagen secara berlebihan, Anda dapat menjaga asupan makanan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti telur, kaldu tulang dan ikan.

Anda juga dapat menjaga pola hidup menjadi lebih sehat dengan sering olahraga, tidur cukup 8-9 jam per hari, serta mempercantik penampilan kulit dengan melakukan perawatan wajah dengan skincare dan tidak lupa mengaplikasikan tabir surya pada wajah dan tubuh Anda.

 

Aziz Shadiq Ghaniy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: