Iklan dempo dalam berita

Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

Jangan Salah, Oli Motor Matic 0,8 L, Bila Berlebih Motor Bisa Overheat

--

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah di Pasaran, Ini 5 Cara Bedakan Oli Matic Asli dan Palsu

2. Timbul Kebocoran

Efek kedua yang bisa terjadi ketika oli mesin kelebihan kapasitas yakni timbul kebocoran. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan berlebih yang membebani mesin akibat kelebihan oli mesin.Umumnya kebocoran akan terjadi lewat seal yang kondisinya sudah mulai getas. Oli akan rembes lewat seal tersebut dan menetes keluar dari blok mesin. Jika didiamkan dalam jangka panjang tentu hal ini akan menurunkan performa mesin. Sebaiknya perhatikan dipstick oli ketika sedang melakukan penggantian atau menambah oli.

BACA JUGA:8 Jenis Oli Matic yang Dianjurkan Untuk Honda vario 125 Kesayangan Bikers

Dampak Buruk Kekurangan 

1. Oli MesinMesin Kasar

Ketika kekurangan oli, maka efek yang ditimbulkan mesin bisa menjadi lebih kasar.Ini disebabkan oleh pelumasan yang tidak terjadi secara sempurna sehingga membuat komponen internal mesin bekerja ekstra.Lama-kelamaan komponen internal mesin bisa macet dan rusak lantaran aus. Jika sudah demikian, umumnya Carmudian akan mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan mesin mobil. 

BACA JUGA:Efek Telat Ganti Oli Mesin Matic, Motor Mati Total

2. Rentan Overheat

Ketika mesin kekurangan oli akan berpotensi mengalami overheat atau kepanasan. Oli mesin selain berfungsi melumasi komponen internal mesin juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap ideal. Saat kekurangan oli, temperatur mesin umumnya akan lebih tinggi dari biasanya. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan mesin karena komponen head dan blok bisa rusak saat mesin overheat.

Berikut 10 Oli yang di rekomendasikan untuk motor matic kesayangan bikers semua:

1. Pertamina Pelumas Enduro Matic G Oli Motor 

Rekomendasi oli untuk motor matic yang pertama adalah Pertamina Pelumas Enduro Matic G Oli Motor. Oli ini cukup premium dengan penggunaan base oil sintetik di dalamnya sehingga membuat kondisi mesin tetap prima, nggak mudah panas atau karatan. Cocok banget untuk pengendara motor di area yang padat dan sering mengalami kemacetan. 

Oli yang satu ini cocok digunakan untuk motor matic dengan empat langkah sehingga performa dan lajuannya bisa menjadi lebih kencang. Jika dilihat dari konsentrasinya kamu harus tahu kalau oli ini memiliki tingkat viskositas atau tingkat kekentalan tinggi sehingga lebih maksimal dalam menjaga temperatur mesin dibandingkan dengan oli jenis lainnya. 

Oli ini mampu bertahan dengan baik dari adanya oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas sehingga masa berlakunya juga lebih panjang. Bakalan menjadi oli yang ramah banget digunakan untuk motor sibuk (motor yang digunakan setiap hari di jalanan).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: