Iklan dempo dalam berita

Berapa UKT di Kampus Negeri Favorit? Segini UKT di 10 Kampus Favorit di Indonesia

Berapa UKT di Kampus Negeri Favorit? Segini UKT di 10 Kampus Favorit di Indonesia

Biaya kuliah di kampus negeri favorit--

BACA JUGA:Ada 243 Desa, Ini Rincian Dana Desa Kabupaten Demak 2024, Desa Mana yang Paling Kecil Dapatkan Anggaran?

9. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip mematok UKT untuk jalur SNMPTN, SBMPTN dan SBUB dengan range Rp500 ribu hingga Rp22 juta. Untuk jalur mandiri Undip dibebani dengan UKT senilai Rp15 juta tiap semesternya.

10. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad memiliki UKT yang dimulai dari Rp500 ribu hingga Rp24 juta untuk jalur SNBP dan SNBT. Lalu untuk jalur mandiri berada di kisaran Rp6 juta hingga Rp20 juta.

Daftar 10 PTN ini punya biaya UKT termahal di Indonesia 2024. Meski UKT yang dibebankan terbilang tinggi, namun hal ini tidak terlihat menyurutkan minat calon mahasiswa untuk memilih beberapa PTN tadi.

Tips agar Lolos PTN

1. Kenali Minat dan Kompetensi Diri

Menurut Ketua MRPTNI, banyak calon siswa yang gagal untuk masuk PTN bukan karena kurang pintar, melainkan karena strategi yang kurang tepat dalam memilih program studi. 

BACA JUGA:Jabatan Sekda Lebong Kosong, Bupati Tunjuk Plh Pengganti Mustarani Abidin

Nah untuk itu, kamu harus tahu minat pribadi sebelum mendaftar ke PTN. Kamu harus jeli dalam mengenali kemampuan diri, dan membandingkannya dengan program studi dan PTN yang dipilih.

Pilihlah program studi tujuan dan cari tahu daya tampungnya agar kamu memiliki gambaran akan persaingan di hari H nanti. Kemudian, asah kemampuan tersebut sambil mencermati tingkat keketatan prodi. Putuskan apakah kamu membutuhkan bimbingan belajar atau tidak.

Kalau jawabanmu iya, pilih bimbel intensif yang sesuai dan terjangkau. Jangan takut untuk berkomunikasi dengan guru bimbel agar ia mengerti kebutuhan kamu.

Ketahui materi apa yang sudah kamu kuasai dan mana yang perlu kamu pelajari lebih dalam lagi. Hal ini bisa membantu kamu untuk fokus belajar.

BACA JUGA:Berapa Kadar Emas Terbaik untuk Perhiasan dan Berapa Karat Emas Perhiasan untuk Investasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: