Iklan dempo dalam berita

Tidak Banyak Menguras Biaya, Ini Daftar Kampus Negeri dengan Biaya UKT Termurah di Indonesia

Tidak Banyak Menguras Biaya, Ini Daftar Kampus Negeri dengan Biaya UKT Termurah di Indonesia

Pilihan kampus negeri dengan biaya kuliah murah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMTidak banyak menguras biaya, ini daftar kampus negeri dengan UKT termurah di Indonesia.

Sebagai calon mahasiswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) biasanya besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan mereka diambil. 

UKT adalah jumlah besaran nilai yang harus dibayar mahasiswa setiap semesternya. Kebijakan mengenai jumlah UKT setiap mahasiswa pun berbeda-beda, tergantung kemampuan ekonomi orang tua dari mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan PTN.

BACA JUGA:Ayo Daftar! Grab Buka Beasiswa 2024 untuk SD SMP SMA dan S1 Sampai 30 Juni, Jangan Sampai Terlewatkan

Biasanya, UKT akan berbeda bagi masing-masing mahasiswa tergantung jalur masuknya.Misalnya, biaya kuliah berupa UKT akan beda antara Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri. 

Secara umum, PTN di Indonesia mematok UKT golongan 1 mulai dari Rp0 hingga Rp500 ribu untuk masing-masing program studi. 

UKT termahal biasanya mencapai Rp7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT bisa mencapai Rp25 juta per semester.

Lantas, mana PTN yang punya biaya kuliah termurah? 

Universitas negeri biasanya menetapkan biaya pendidikan dengan mempertimbangan penghasilan dan tanggungan kedua orang tua, sehingga kamu tidak perlu khawatir mendapatkan UKT yang mahal. 

Melansir dari situs edukasi.sindonews.com, berikut deretan universitas negeri PTN dengan biaya kuliah termurah:

BACA JUGA:Berbahaya untuk Mental Si Kecil, Ini Dampak Perkembangan Otak Anak yang Sering Dimarahi

1. Universitas Negerti Yogyakarta (UNY)

Salah satu kampus di Jogja yang memiliki biaya kuliah termurah, yakni UNY. Kampus ini memiliki berbagai fakultas dan jurusan yang beragam. Untuk biaya kuliah, UNY tergolong cukup murah mulai dari kisaran Rp500.000 – Rp7.250.000, tergantung golongan UKT yang didapatkan. 

2. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: