Iklan dempo dalam berita

Ini 9 PTN dengan Biaya Termurah di Indonesia, hanya Rp 500 Ribu per Semester

Ini 9 PTN dengan Biaya Termurah di Indonesia, hanya Rp 500 Ribu per Semester

Kampus negeri dengan biaya kuliah termurah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini 9 PTN dengan biaya termurah di Indonesia, hanya Rp 500 ribu per semester.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang menjadi incaran banyak calon mahasiswa, salah satunya karena biaya pendidikan yang terkenal murah. 

Bagi para calon mahasiswa selain mengetahui persyaratan, kamu juga perlu tahu informasi PTN dengan biaya kuliah termurah tapi  kualitas pendidikannya tidak kalah dari PTN favorit. 

Di PTN, biaya kuliah disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap enam bulan sekali atau setiap semester. 

BACA JUGA:Masih Bingung Pilih Kadar Emas yang Bagus untuk Cincin Kawin? Begini Kata Ahli Perhiasan

UKT biasanya terbagi atas beberapa golongan, dibedakan berdasarkan kemampuan keuangan orang tua mahasiswa dan pertimbangan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Biasanya, UKT akan berbeda bagi masing-masing mahasiswa tergantung fakultas dan jalur masuknya. Secara umum, PTN di Indonesia mematok UKT golongan 1 mulai dari Rp 0 hingga Rp 500.000 untuk masing-masing program studi. 

UKT termahal di PTN biasanya mencapai Rp 7 juta bahkan untuk jurusan berbiaya tinggi seperti Fakultas Kedokteran, UKT bisa mencapai Rp 25 juta per semester.

BACA JUGA:Berapa UKT di Kampus Negeri Favorit? Segini UKT di 10 Kampus Favorit di Indonesia

Berikut deretan PTN dengan biaya termurah, ada yang hanya Rp 500 ribu:

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY termasuk PTN yang memiliki biaya kuliah termurah di Indonesia. Mahasiswa S1 yang diterima di UNY melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) S1 UNY dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA). 

Hampir semua jurusan dari 7 fakultas memiliki biaya pendidikan di UNY paling murah. Contohnya pada UKT I, yaitu sebesar Rp 500.000. Sementara itu, biaya UKT VII pada jurusan di fakultas teknik mencapai Rp 6,3 juta.

2. Universitas Brawijaya (UB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: