Iklan dempo dalam berita

Kapan Puasa Tarwiyah 2024 ? Ini Perkiraan Tanggalnya hingga Bacaan Niatnya

Kapan Puasa Tarwiyah 2024 ? Ini Perkiraan Tanggalnya hingga Bacaan Niatnya

Kapan Puasa Tarwiyah 2024?--

BACA JUGA:5 Desa di Seluma Terlambat Ajukan DD Tahap I, Ini Penyebabnya

4. Melatih Diri Menahan Nafsu
Sama halnya dengan ibadah puasa lainnya, pada puasa Tarwiyah juga akan membuat siapa saja yang melakukan bisa menahan diri. Adanya upaya menahan diri dari perbuatan tidak baik dan hawa nafsu tentu akan memberikan dampak baik dalam kehidupan.

Dimana orang tersebut akan menjauh dari berbagai macam sifat yang tidak baik. Karena adanya kebiasaan menjauh ini, maka akan membawa seseorang menjadi terlatih dalam menahan hawa nafsu. Tentunya ini juga akan bernilai ibadah karena telah berhasil mengalahkan nafsunya.

BACA JUGA:Belum Mampu Berkurban? Ini Amalan yang Pahalanya Setara Kurban, Bisa Dilakukan Tiap Pekan

5. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Sejatinya setiap ibadah yang dilakukan oleh setiap umat Islam adalah untuk membawanya dekat dengan Tuhannya. Begitu juga dengan puasa yang dilakukan di hari Tarwiyah ini.

Apabila ada seseorang yang melakukan puasa pada bulan ini, maka dapat dipastikan bahwa ada upaya dalam diri orang tersebut untuk mendekatkan diri. Sifat ini lebih disukai oleh Allah SWT daripada melakukan berbagai macam kemungkaran di dunia.

BACA JUGA:5 Desa di Seluma Terlambat Ajukan DD Tahap I, Ini Penyebabnya

6. Tingkatkan Kepekaan
Keutamaan lainnya dari melaksanakan puasa di hari Tarwiyah adalah dengan meningkatnya rasa kepekaan. Dimana rasa peka ini akan semakin muncul ketika seseorang juga merasakannya sendiri.
Dengan adanya puasa ini akan membuat orang sadar akan beratnya kaum dhuafa dalam menjalankan kehidupannya.

Apabila rasa iba tersebut telah muncul, maka setiap orang tidak akan berbuat semena-mena dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satunya adalah dengan memberikan apa yang dimilikinya kepada orang yang lebih membutuhkannya. Adanya kegiatan saling memberi ini akan membuat tingkat kesejahteraan merata sehingga bisa menyalurkan rasa bahagia bagi yang memberi dan diberi.

BACA JUGA:Berkurban Untuk Keluarga yang Sudah Meninggal, Perhatikan 3 Hal Ini

Itulah beberapa keutamaan yang akan didapatkan seseorang saat akan melaksanakan puasa Tarwiyah. Persiapkan diri untuk menjadi bagian dari orang-orang yang senantiasa mendapatkan keutamaan tersebut.

Hukum Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah yang bertepatan pada 8 Zulhijah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Berdasarkan istilah, Tarwiyah berasal dari kata tarawwa yang artinya membawa bekal air. Sebab pada hari Tarwiyah, jamaah haji membawa bekal air zam-zam untuk persiapan Arafah dan menuju ke Mina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: