Iklan dempo dalam berita

Kapan Puasa Tarwiyah 2024 ? Ini Perkiraan Tanggalnya hingga Bacaan Niatnya

Kapan Puasa Tarwiyah 2024 ? Ini Perkiraan Tanggalnya hingga Bacaan Niatnya

Kapan Puasa Tarwiyah 2024?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kapan puasa Tarwiyah 2024? Ini perkiraan tanggalnya hingga bacaan niatnya.

Jelang dimulainya musim pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 ini, sejumlah amalan dan ibadah sunah pun menjadi hal baik yang dinantikan untuk dapat menuai keutamaan serta pahala bagi yang menjalaninya.

Dan puasa Tarwiyah menjadi salah satu ibadah sunah yang dapat dilaksanakan oleh umat Muslim pada saat sebelum berlangsungnya Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Diamalkan Menjelang Idul Adha, Inilah 6 Keutamaan Puasa Tarwiyah 2024, Bagaikan Puasa Setahun!

Puasa Tarwiyah adalah termasuk sepuluh hari awal Dzulhijjah yang disunnahkan untuk melakukan puasa. Pahala dan keutamaannya sangat besar.

“Puasa tarwiyah didasarkan pada sebuah hadits yang menyebutkan keutamaan puasa sunnah Tarwiyah,” ungkap penjelasan oleh M Alvin Nur Choironi, dari Tim Petugas Haji 2024.

“Tidak ada hari yang lebih dicintai Allah untuk digunakan ibadah kepada-Nya di dalamnya melebihi sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Puasa tiap hari sebanding dengan puasa setahun. Ibadah malam hari tiap malam sebanding dengan ibadah malam lailatul qadar,“ (HR. Tirmidzi, Ibn Majah, dan al-Baihaqi).

BACA JUGA:Kloter 4 Tiba di Makkah, 2 JCH Asal Kaur Sempat Dirawat

Lalu, kapan jadwal puasa Tarwiyah 2024 dilaksanakan?

Puasa Tarwiyah merupakan ibadah sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Dzulhijjah, menjelang Hari Raya Idul Adha. Ibadah puasa Tarwiyah bisa dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Dengan estimasi tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H bertepatan dengan 8 Juni 2024, maka puasa Tarwiyah bisa dilakukan pada 15 Juni 2024.

BACA JUGA:Sayang Dilewatkan! Ini 5 Keutamaan Puasa Arafah 2024 yang Penuh Berkah, Yuk Diamalkan

Dilansir dari laman NU Online pada Mei 2024 inilah niat dan keutamaan Puasa Tarwiyah:

Niat Puasa Tarwiyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: