Iklan dempo dalam berita

Sayang Dilewatkan! Ini 5 Keutamaan Puasa Arafah 2024 yang Penuh Berkah, Yuk Diamalkan

Sayang Dilewatkan! Ini 5 Keutamaan Puasa Arafah 2024 yang Penuh Berkah, Yuk Diamalkan

Keutamaan Puasa Arafah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sayang dilewatkan! ini 5 keutamaan puasa Arafah 2024 yang penuh berkah, yuk diamalkan.

Hari Raya Idul Adha 2024 tinggal menghitung hari, berbagai amalan sunnah sebelum Hari Raya Kurban bisa umat muslim lakukan, seperti berpuasa.

BACA JUGA:Kloter 4 Tiba di Makkah, 2 JCH Asal Kaur Sempat Dirawat

Dikutip dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah, Puasa Arafah dilakukan pada 9 Zulhijah atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah. Tanggal 9 Zulhijah dapat disebut pula sebagai hari Arafah

Mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama RI, 1 Zulhijah 1445 H/2024 M jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan demikian, 9 Zulhijah atau hari Arafah jatuh pada 16 Juni 2024.

Akan tetapi, penetapan jatuhnya hari Arafah di Indonesia masih menunggu keputusan sidang isbat penetapan awal Zulhijah yang digelar pada 29 Zulkaidah. Adapun berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024, 29 Zulkaidah jatuh pada 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Begini Tips Aman Memilih Susu UHT untuk Anak, Moms Wajib Tahu

Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh mereka yang melaksanakannya.

Puasa ini menjadi salah satu contoh berkah Idul Adha bukan hanya untuk mereka yang sedang menunaikan ibadah Haji, namun seluruh umat Islam bisa mendapatkannya melalui sunnah-sunnah yang telah dianjurkan.

BACA JUGA:Hewan Ayam dan Angsa Bisa Jadi Hewan Kurban? Ini Kata Ulama

Keutamaan Puasa Arafah

Berikut ini 5 keutamaan puasa Arafah:

1. Salah satu sunah Rasulullah SAW


أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: "Ada 4 perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa Asyura, puasa hari Arafah, puasa 3 hari setiap bulan, dan salat 2 rakaat sebelum subuh," (HR. An Nasa'i dan Ahmad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: