Iklan dempo dalam berita

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai--

- Teori lain berasal dari legenda.

Di dalam buku karangan Dr. R. Broesma “De Lampongsche Districten” (1916), ditulis bahwa Residen Lampung yang pertama J.A. Du Bois (1829-1834) pernah membaca buku yang berjudul “Sejarah Majapahit” milik orang Indonesia di Teluk Betung yang disimpannya sebagai azimat. 

BACA JUGA:Wajar Kebanyakan Orang Palembang Kulitnya Putih dan Mata Sipit, Ternyata Asal Usulnya Begini

Didalam buku itu diterangkan bahwa Tuhan menurunkan orang pertama ke bumi bernama Sang Dewa Senembahan dan Widodari Simuhun. Mereka itulah yang menurunkan Si Jawa, Ratu Majapahit, Si Pasundayang, Ratu Pajajaran dan Si Lampung, Ratu Balau. Kata Lampung berarti op het water drijven (terapung di atas air). 

BACA JUGA:Mengulik Asal Usul Hantu Pocong, Benarkah Pocong Bisa Terbang?

Sampai sekarang ini di kalangan penduduk Lampung sub suku Pubian masih percaya mitos, bahwa nenek moyang mereka adalah Poyang si Lampung. Dari kata inilah nama Lampung berasal.

BACA JUGA:Identik dengan Perempuan Asia Tenggara, Ternyata Begini Asal Usul Kebaya Kutu Baru

- Teori dari legenda yang berasal dari daerah Tapanuli

Menurut cerita ini, pada masa lampau meletuslah gunung berapi yang menyebabkan terbentuknya Danau Toba saat ini. Ketika gunung itu meletus, ada empat orang bersaudara yang berusaha menyelamatkan diri meninggalkan Tapanuli dan berlayar menggunakan rakit.

BACA JUGA:Dear Millennial! Yuk Mengenal Kebaya Kartini, Mulai dari Sejarah Hingga Asal Usulnya

Salah satu dari keempat bersaudara itu bernama Ompung Silamponga, terdampat di Krui. Ia kemudian naik ke dataran tinggi yang sekarang disebut Dataran Tinggi Belalau atau Sekala Berak. 

Saat melihat daerah yang terhampar luas, dengan perasaan kagum ia meneriakkan kata ‘Lappung’. Kata ‘Lappung’ dalam bahasa Tapanuli berarti luas. Sampai saat ini di kalangan suku Lampung asli, baik di daerah Belalu, Menggala, maupun Abung, kata Lampung masih diucapkan Lappung.

BACA JUGA:Asal Usul Babi Diciptakan serta Alasan Mengapa Allah Menjadikan Babi Hewan yang Haram

Ada juga Sebagian orang yang berpendapat bahwa nama Lampung justru berasal dari nama Ompung Silamponga. Teori ini juga diperkuat dengan adanya persamaan antara huruf Lampung dengan huruf Batak. Bahkan ada juga yang menerangkan bahwa suku yang memuat cerita tersebut juga masih disimpan oleh penduduk (Penyimbang adat) dari Kampung Rajabasa. 

BACA JUGA:Salah Satu Situs Tertua di Dunia, Begini Sejarah dan Asal Usul Gunung Padang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: