Iklan dempo dalam berita

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai--

Asal Usul Penduduk Lampung

Asal-usul penduduk Lampung juga memiliki teorinya sendiri, hal ini dikemukakan dalam tulisan Hilman Hadikesuma S.H. dalam risalah triwulan Bunga Rampai adat Budaya, No. 2 tahun ke 2 terbitan FH Unila dengan judul “Persekutuan Hukum Adat Abung”. 

Menurut cerita rakyat, bahwa penduduk Lampung berasal dari daerah Sekala Berak, yang merupakan perkampungan pertama orang Lampung yang sudah ada kurang lebih oada abad ke 14 M.

BACA JUGA:Asal Usul Ketupat Lepet, Tidak hanya Disajikan saat Lebaran, tapi juga Acara Selapan

Penduduknya disebut orang Tumi (Buay Tumi) yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Ratu Sekarmong. Mereka menganut kepercayaan dinamis, yang memiliki pengaruh juga dari Hindu Bairawa, yaitu menyebah pohon yang dianggap sakran (pohon Lemasa). 

BACA JUGA:Asal Usul Kupat Tahu, Makanan Khas Indonesia yang Memiliki Sejarah yang Kaya

Buay Tumi kemudian dapat dipengaruhi oleh empat orang pembawa Agama Islam dari  Pagarruyung (Sumatra Barat) yang datang bernama Umpu Nyerupa, Umpu Bejalan di Way, Umpu Pernong, dan Umpu Belunguh. Keempat umpu tersebut merupakan cikal bakal Paksi Pak, seperti yang diungkapkan pada naskah kuno Kuntara Raja Niti. 

BACA JUGA:Oh Ternyata Ini Asal Usul Ketupat hingga Menjadi Simbol dan Makanan Khas Lebaran

Namun pada versi buku Kuntara Raja Niti, nama-nama mereka adalah Inder Gajah, Pak Lang, Sikin, Belunguh, dan Indrawati. Menurut cerita rakyat Belalau, juga disebutkan bahwa keempat umpu adalah pembawa agama Islam dan bersahabat dengan Puteri Bulan.

BACA JUGA:Makanan di Hari Lebaran! Ini Asal Usul Ketupat Palas, Ini Resep dan Cara Pembuatannya

Berdasarkan kedua versi tersebut, disusunlah suatu hipotesa bahwa Inder Gajah (Umpu Bejalan di Way) merupakan keturunan orang Abung, Pak Liang (Umpu Pernong) merupakan keturunan orang Pubian, Sikin (Umpu Nyerupa) merupakan keturunan Jelma Daya, Belunguh merupakan keturunan Peminggir, dan Indrawati (Putri bulan) merupakan keturunan Tulang Bawang.

BACA JUGA:Asal Usul Ketupat Sotong, Makanan Khas Melayu yang Memiliki Filsafah Saling Memaafkan

Hilman juga menjelaskan bahwa Umpu-umpu ini hanya Sebagian yang berasal dari  Pagarruyung dan Sebagian lagi berasal dari Darmasraya, yang sebelum memasuki Lampung mereka menetap di Rejang (Bengkulu).

Beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa keempat Umpu itu merupakan Putra-putra Raja Sriwijaya yang berhasil menyelamatkan diri ketika Sriwijaya diserang oleh musuh dari luar. 

BACA JUGA:Masya Allah Ternyata Ini Arti Bulan Ramadhan dan Asal Usul Diberi Nama Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: