Iklan dempo dalam berita

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Jangan Ngaku Orang Lampung, Kalau Tidak Tahu Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai

Sejarah Asal Mula Penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan ngaku orang Lampung kalau tidak tahu sejarah asal mula penduduk Sai Bumi Ruwa Jurai.

Lampung yang dikenal dengan semboyan Sai Bumi Ruwa Jurai adalah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Selat Sunda. 

BACA JUGA:Jangan Ngaku Pencinta Anime, 7 Action Figure Anime Harganya Termurah Rp27 juta, Nomor 7 Tembus Rp3 miliar

Secara geografis, Provinsi Lampung menjadi pintu gerbang utama Pulau Sumatera, kurang lebih berjarak 165 kilometer dari Jakarta. 

Dengan keindahan alamnya, Lampung seringkali dikenal sebagai tempat pariwisata yang mengundang warga lokal maupun asing untuk menjelajahinya. 

BACA JUGA:Jangan Ngaku Gamers kalau Belum Tahu Perbedaan RPG dan FPS

Konon, asal-usul nama Lampung sendiri berasal dari bahasa Batak, Lampung yang berarti besar. Namun, versi lain ada yang menyebut nama provinsi ini berasal dari kata Lampohwang.

Sedangkan asal usul orang Lampung ada beberapa teori yang menjelaskan asal-usul itu ada kaitan erat dengan istilah Lampung sendiri. Karena tidak diketahui pasti, berikut beberapa teori mengenai asal-usul orang Lampung.

BACA JUGA:Jangan Ngaku Orang Serawai Kalau Belum Tahu Arti Gerulun, Ketunun dan...

- Dari catatan musafir Cina 

Musafir Cina ini pernah mengunjungi Nusantara pada abad ke-7 yaitu I Tsing, selain Kin li-pi-che (Ce-li-fo-ce), Mo-ho-sin, juga disebutkan To-lang Po-hwang yang dapat ditranskripsikan kedalam kata Tulang Bawang. 

BACA JUGA:Bukan Orang Minang kalau Tidak Tahu Sejarah Ini, Begini Asal Usul Orang Minang

Hilman Hadi Kesuma, S.H., seorang dosen FH Unila dalam Seminar Sejarah Lampung pada tahun 1976 mengemukakan teorinya sebagai berikut, kata To-lang-po-hwang dapat dieja atas kata To yang berarti orang (bahasa Toraja), sedangkan kata lang-po-hwang adalah kepanjangan dari kata Lampung. Jadi dapat diartikan secara lengkap sebagai orang Lampung. Sehingga ada hubungan era antara kedua kata tersebut terhadap asal-usul orang Lampung.

BACA JUGA:Ternyata Menurut Ahli, Ini Asal Usul Masyarakat Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: