Iklan dempo dalam berita

Salah Satu Situs Tertua di Dunia, Begini Sejarah dan Asal Usul Gunung Padang

Salah Satu Situs Tertua di Dunia, Begini Sejarah dan Asal Usul Gunung Padang

Sejarah dan asal usul Gunung Padang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu situs tertua di dunia, begini sejarah dan asal usul Gunung Padang.

Gunung Padang adalah situs kuno yang berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Keberadaan situs seluas 291.800 meter persegi ini sempat mengundang perhatian publik beberapa waktu lalu karena diklaim sebagai struktur piramida tertua. 

Pada awalnya, Gunung Padang dianggap sebagai situs pemakaman kuno yang berasal dari sekitar 5.000 tahun yang lalu. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa situs ini mungkin memiliki sejarah yang jauh lebih tua.

BACA JUGA:Siapa yang Mendirikan Gunung Padang, Manusia atau Makhluk Gaib? Simak Kisah Misterinya Ini

Beberapa penelitian menggunakan metode penanggalan radiokarbon dan analisis geologi mengindikasikan bahwa struktur di Gunung Padang bisa memiliki usia lebih dari 9.000 tahun.

Situs Gunung Padang terdiri dari beberapa teras batu yang membentuk piramida teras yang mengarah ke puncak gunung. Terdapat pula struktur batu besar dan petilasan di sekitar area ini. Terdapat beberapa teori tentang asal-usul situs ini.

Salah satu teori menyatakan bahwa Gunung Padang adalah sisa-sisa kompleks kuil atau tempat ibadah yang telah lama hilang dari zaman pra-sejarah.

BACA JUGA:5 Mitos Gunung Padang, Benarkan Menjadi Gerbang untuk Menuju Dunia Lain?

Namun, teori lain mengusulkan bahwa Gunung Padang merupakan situs pengamatan astronomi kuno atau bahkan merupakan tempat penyimpanan pengetahuan kuno yang terkait dengan peradaban hilang.

Pada tahun 2011 lalu, penelitian dan ekskavasi resmi dilakukan oleh tim arkeologi yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa struktur teras di Gunung Padang mungkin bukan hanya hasil dari akumulasi batuan alami, tetapi juga telah mengalami intervensi manusia.

Gunung Padang sebenarnya sudah diketahui keberadaannya ketika ditemukan oleh N. J. Krom. Ia menemukan situs ini pada 1914 silam dan dilaporkan olehnya dalam Rapporten Oudheidkundige Dienst. 

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata Ini Sejarah Nama Gunung Padang, Jangan Salah Lokasinya Bukan di Sumbar

Pada saat itu, N. J. Krom tidak menyebutkan nama situs yang ditemukan sebagai Gunung Padang. N. J. Krom hanya menyebutkan bahwa dirinya menemukan situs baru yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Melati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: