Iklan dempo dalam berita

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. 

Kunyit mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun. 

BACA JUGA:Waspadai 7 Efek Samping Konsumsi Jengkol Berlebihan, Penggemar Jengkol Wajib Tahu

Secara tradisional kunyit digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri. 

Kunyit telah dikenal untuk merawat kulit dan membantu menyembuhkan luka. 

BACA JUGA:Wajah Sehat dan Flek Hitam Hilang, Hanya Gunakan Bahan Alami Daun Kunyit Ini 6 Manfaatnya

Kunyit telah lama dikenal sebagai rimpang yang sangat berkhasiat dan digunakan sebagai obat tradisional sebagai obat luka. Ekstrak rimpang kunyit berguna dalam proses penyembuhan luka.

Kunyit memberikan beberapa kandungan bermanfaat bagi tubuh. Yaitu kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.

BACA JUGA:Bukan Cuma Bumbu Masak, Kunyit juga Penawar dari Berbagai Penyakit

Namun, di balik berbagai manfaat sehat kunyit, ada beberapa efek samping kunyit yang perlu kamu ketahui bila dikonsumsi terlalu banyak. 

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa bahaya kunyit yang dikonsumsi berlebihan:

1 Detak jantung abnormal

Sebuah laporan menyebutkan tentang seseorang yang mengonsumsi kunyit dosis tinggi, lebih dari 1500 mg 2 kali sehari, telah mengalami detak jantung abnormal. Meski penyebab pasti dari kondisi ini belum diselidiki lebih lanjut, namun ada baiknya kalau Anda menghindari konsumsi kunyit secara berlebihan.

BACA JUGA:Berkat Si Kunyit Bumbu Dapur, Selamat Tinggal Rambut Rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: