Iklan dempo dalam berita

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan

Bisa Sebabkan Masalah Lambung Hingga Batu Ginjal, Ini Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Berlebihan--

2 Menimbulkan ruam yang terasa gatal

Seperti sempat disinggung di atas, salah satu efek samping kunyit adalah menimbulkan ruam yang rasanya gatal. Jika ini terjadi pada Anda, segera hentikan pemakaiannya.

3 Masalah lambung

Kunyit memang aman bagi lambung saat dikonsumsi sewajarnya, misalnya dalam bumbu kari atau segelas jamu. Akan tetapi, ketika mengobati kondisi kronis dengan kunyit, seperti radang sendi atau sendi yang sakit, maka hal itu berpotensi menyebabkan masalah lambung dan saluran cerna (gastrointestinal).

Karena penggunaan kunyit dosis tinggi untuk waktu yang lama telah ditemukan menyebabkan masalah gastrointestinal.

Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi kunyit lebih dari 1000 mg (dalam bentuk suplemen curcumin) perhari, meskipun beberapa orang tidak mengalami efek samping ini setelah mengonsumsi dalam jumlah tersebut.

BACA JUGA:3 Paket Proyek Pemprov di BS, Satunya Jalan Kayu Kunyit-Palak Bengkerung

4 Meningkatkan resiko infertilitas

Kunyit ternyata dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan memperlambat laju sperma. Oleh sebab itu, kunyit sebaiknya tak terlalu banyak dikonsumsi oleh mereka yang berusaha untuk punya momongan. Baca juga: Terapi Obat Kesuburan untuk Pria dan Wanita

5 Menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh

Dosis kunyit yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menghambat penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, Anda yang sedang haid, anemia, atau mengalami defisiensi zat besi sebaiknya membatasi konsumsinya.

BACA JUGA:Ini 7 Buah Penurun Darah Tinggi, Harga Terjangkau dan Enak Dimakan

6 Meningkatnya resiko pendarahan

Dikarenakan kunyit dapat memperlambat proses pembekuan darah (berkat sifat anti-koagulannya), maka mereka yang mengalami pendarahan mungkin akan bertambah parah karenanya. Jadi bila Anda hendak menjalani prosedur bedah, hentikan konsumsi kunyit setidaknya 2 minggu sebelum hari H agar tak terjadi pendarahan hebat selama atau sesudah operasi. Baca: Obat Pengencer Darah dan Efek Samping

7 Membahayakan kondisi janin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: