Iklan dempo dalam berita

Puasa Syawal 2023 Kapan Dimulai, Ini Jadwal dan Niatnya

Puasa Syawal 2023 Kapan Dimulai, Ini Jadwal dan Niatnya

Foto IST_--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi buat umat muslim yang mau melaksanakan puasa di bulan Syawal. Karena selain di bulan Ramadan, umat Islam juga dapat mengerjakan puasa sunnah pada bulan Syawal. 

BACA JUGA:Termasuk Indonesia, Ini 13 Negara Muslim yang Tetapkan Idul Fitri Sabtu 22 April 2023

Muslim dianjurkan melakukan ibadah puasa sunnah ini selama enam hari. Lantas kapan puasa Syawal dimulai? Mari ketahui jadwal selengkapnya dalam ulasan artikel berikut. 

Puasa Syawal sangat dianjurkan lantaran memiliki keutamaan yang amat baik bagi siapa saja yang mengerjakannya. Dijelaskan dalam Kitab yang berjudul Latha'if al-Ma'arif, Ibnu Rajab Al-Hanbali mengatakan berpuasa di bulan Syawal setelah bulan Ramadan dapat menyempurnakan ganjaran berpuasa selama setahun penuh. 

BACA JUGA:Asyik, 5 Provinsi di Indonesia Ini Masih Gelar Pemutihan Pajak Usai Lebaran 1444 H

Adapun dalil keutamaan puasa Syawal ini merujuk pada sebuah riwayat yang berasal dari Abu Ayub Al Anshari, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: 

“Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun." (HR. Muslim. Imam Ahmad juga meriwayatkan dari hadits Jabir). 

BACA JUGA:Jemaah Muhammadiyah Rejang Lebong Laksanakan Salat id di 6 Lokasi

Selain itu, Tsauban juga meriwayatkan dalam hadits yang berbunyi, “Puasa Ramadhan pahalanya setara dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari pahalanya senilai dengan puasa dua bulan. Jumlah keseluruhannya satu tahun penuh." (Diriwayatkan oleh Sa'id bin Manshur dengan sanadnya Tsauban).

Waktu Puasa Syawal 

Puasa Syawal sendiri bisa dikerjakan mulai tanggal 2 bulan Syawal. Hal ini lantaran, 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri.

Seperti yang dikatahui hari itu termasuk salah satu waktu yang diharamkan bagi umat Islam untuk berpuasa. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al Khudri RA, 

BACA JUGA:Ramadan Usai, Ustad Syamlan Lc Ingatkan Jemaah Mesjid Ruhul Islam Jangan Kendur Ibadah

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: