Iklan dempo dalam berita

Puasa Syawal 2023 Kapan Dimulai, Ini Jadwal dan Niatnya

Puasa Syawal 2023 Kapan Dimulai, Ini Jadwal dan Niatnya

Foto IST_--

Kapan puasa Syawal 1444 H bisa dimulai?  

Apabila pelaksanaan puasa Syawal dilakukan secara berturut, mulai tanggal 2 sampai 7 Syawal, itu lebih baik. Berdasarkan konversi kalender Hijriah ke Masehi, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Sehingga puasa Syawal 2023 dapat dilaksanakan mulai Minggu (23/4) sampai akhir bulan Syawal selama enam hari lamanya. Tanggal 29 Syawal jatuh pada Senin (22/4) dan 30 Syawal jatuh pada Selasa (23/5).

 BACA JUGA:Jangan Terlena, Ayo Cari Uang dari Internet, Berikut Caranya

Bacaan dan Niat Puasa Syawal

Sama seperti ibadah lainnya, jika kita ingin mengerjakan puasa Syawal harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat puasa Syawal latin dan terjemahannya:

Nawaitu shouma ghodin 'an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta'aalaa 

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunah karena Allah Ta'ala,".

 BACA JUGA:Memanas, Panglima TNI Instruksikan Siaga Tempur, KKB Mulai Terdesak

Melansir dari berbagai sumber, niat puasa Syawal ini boleh dilakukan di pagi hari hingga waktu zuhur, asalkan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum. 

Apabila kita belum berniat pada malamnya, maka boleh langsung mengucap niat puasa di pagi harinya lalu mengerjakan puasa hingga masuk waktu magrib atau berbuka. 

BACA JUGA:Ingin Mulai Usaha tapi Terkendala Modal, Jenis Pinjaman Ini Bisa Jadi Jalan Keluar

Adapun tata cara puasa Syawal sama dengan puasa wajib atau puasa sunnah lainnya. Yaitu dilaksanakan sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Sementara, yang membedakan dengan puasa lainnya hanya terletak pada niatnya saja.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: