Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Pijat Kaki untuk Mengatasi Sembelit! Dijamin Paling Ampuh

Begini Cara Pijat Kaki untuk Mengatasi Sembelit! Dijamin Paling Ampuh

Cara pijat kaki untuk menyembuhkan sembelit--

Kondisi yang menyebabkan tekanan dalam perut meningkat, seperti sering mengejan saat sembelit yang berkepanjangan, berkaitan dengan risiko terjadinya prolaps rektum.

4. Inkontinensia alvi (BAB keluar tiba-tiba)

Sembelit merupakan salah satu faktor risiko terjadinya inkontinensia alvi. Menurut sebuah studi tentang pengendalian inkontinensia alvi dalam jurnal yang sama, kondisi ini merupakan ketidakmampuan untuk menahan BAB, sehingga feses secara tidak sadar keluar dengan sendirinya. 

Sembelit yang disertai wasir dan prolaps rektum ternyata dapat meningkatkan risiko inkontinensia alvi. Feses yang tertahan dan mengeras akibat sembelit menyebabkan feses cair akhirnya mengalir di sekitar feses keras tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi atau mencegah terjadinya sembelit, seperti:

1. Cari tahu sebab terjadinya sembelit

Jika Anda mengalami sembelit karena sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, segera hentikan obat tersebut. Apabila Anda mendapatkan obat tersebut dari dokter, konsultasikan dengan dokter untuk menyesuaikan dosis atau mengganti obatnya.

BACA JUGA:Berapa Lama Memanaskan Mobil? Ngak Perlu Lama-lama, Ini Durasi Idealnya

2. Bowel training

Ini adalah jenis latihan yang dapat dilakukan dengan cara mengatur jadwal BAB dalam jam yang sama setiap harinya. Anda dianjurkan untuk BAB di pagi hari dan 30 menit setelah makan. 

Diharapkan dengan latihan ini, Anda dapat terbiasa dan peka terhadap sensasi ingin BAB serta tidak menahan atau menunda BAB.

3. Meningkatkan jumlah asupan cairan serta diet tinggi serat

Rekomendasi asupan cairan yang dibutuhkan adalah 2 liter per hari atau setara 8 gelas per hari dan asupan serat adalah 20-35 gram per hari. Serat bisa didapatkan melalui diet tinggi buah, sayur, atau gandum utuh.

4. Melakukan perubahan gaya hidup

Untuk mengatasi sembelit, Anda juga disarankan untuk mengubah gaya hidup. Misalnya melakukan aktivitas fisik dan olahraga teratur setidaknya 30 menit setiap hari untuk mendorong pergerakan usus. Hindari juga konsumsi alkohol dan kafein agar tidak memperparah sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: