Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Pijat Kaki untuk Mengatasi Sembelit! Dijamin Paling Ampuh

Begini Cara Pijat Kaki untuk Mengatasi Sembelit! Dijamin Paling Ampuh

Cara pijat kaki untuk menyembuhkan sembelit--

Pada kaki kanan, titik pijatan berbentuk "L" terbalik, yang dapat Anda pijat dengan menggerakkan tangan dari bagian dalam lengkungan kaki ke luar, kemudian ke bawah hingga sebelum mencapai tumit.

Sementara pada telapak kaki kiri, titik yang terhubung dengan usus besar membentuk huruf "C". 

Pijatan dimulai dari bagian tengah lengkungan telapak kaki, kemudian bergerak ke atas, ke bawah, dan ke dalam sebelum kembali ke atas. Metode ini diyakini dapat membantu meredakan sembelit dengan merangsang pergerakan alami dalam sistem pencernaan.

BACA JUGA:Lowongan Kerja BUMN Pegadaian 2024, Catat Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Dengan memahami titik-titik yang tepat dan teknik pijat yang benar, refleksologi kaki dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam mengatasi masalah sembelit, terutama bagi mereka yang membutuhkan pendekatan terapi komplementer untuk kesehatan pencernaan mereka.

Sembelit perlu ditangani segera. Jika sembelit dibiarkan dan tidak diberikan terapi lebih lanjut, akan menimbulkan gejala seperti berikut.

1. Luka di sekitar anus

Luka di sekitar anus (fisura ani) dapat terjadi jika Anda mengalami sembelit berkepanjangan. Feses yang mengeras akibat sembelit dapat mengiritasi anus.

Biasanya gejala awal ditandai dengan keluhan luka yang menimbulkan perdarahan, nyeri, dan gatal di sekitar anus.

2. Timbul wasir

Terlalu lama mengejan saat sembelit dapat memicu wasir atau ambeien. Wasir dapat terjadi ketika feses mengeras dan ada peningkatan tekanan dalam perut saat mengejan.

Hal ini menimbulkan hambatan pembuluh darah vena di sekitar rektum. Aliran pembuluh darah vena yang terganggu tersebut menyebabkan timbulnya bendungan vena yang biasa disebut wasir.

3. Prolaps rektum

Mengutip jurnal Clinics in Colon and Rectal Surgery, prolaps rektum merupakan kondisi ketika rektum (bagian usus besar) keluar melewati anus.

BACA JUGA:Lengkap, Ini Rincian Dana Desa se-Provinsi Lampung Tahun 2024 (bagian 3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: