Iklan dempo dalam berita

Tidak Punya NPWP? Hati-hati Ini 5 Sanksi dan Konsekuensinya

Tidak Punya NPWP? Hati-hati Ini 5 Sanksi dan Konsekuensinya

Tidak Punya NPWP? Hati-hati Ini 5 Sanksi dan Konsekuensinya--

BACA JUGA:Ingin Punya Rumah Cicilan? Begini Simulasi KPR BRI yang Harus Kamu Tahu!

Misalnya saja ada beberapa hal yang sering menyertakan NPWP sebagai syarat administrasi untuk seseorang seperti membuat kredit bank, rekening dana nasabah (RDN), rekening efek, rekening bank, pembuatan paspor, dan lain-lain.

3. Fasilitas Transaksi Properti

NPWP sering menjadi persyaratan resmi dalam transaksi properti baik untuk penjual atau pembelinya. Biasanya dengan memiliki NPWP proses transaksi properti akan berjalan dengan lancar dan dapat memastikan keabsahan serta keamanan dalam bertransaksi.

BACA JUGA:Begini Contoh Simulasi KPR Mandiri Angsuran Rp 2 Jutaan per Bulan Selama 5 Tahun

4. Melamar Pekerjaan

Salah satu manfaat NPWP lainnya adalah untuk melamar pekerjaan. Sebagian perusahaan membutuhkan kelengkapan data atau nomor NPWP setiap pelamar. Saat perusahaan membayar gaji, otomatis penghasilan akan dipotong oleh Pph pasal 21, yakni tarif norma.

BACA JUGA:Eits Jangan Salah Pilih dan Tertipu, Ini 6 Jenis Merek Logam Mulia Terbaik di Indonesia

5. Mencegah Sanksi Pidana

Adanya sebuah pasal yang mengatur terkait ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Pasal 39 No 28 Tahun 2007 ini berkaitan sanksi pidana yang diberikan akibat tidak memiliki NPWP. Warga negara yang telah memenuhi persyaratan objektif dan subjektif namun tak memiliki NPWP, terancam sanksi pidana.

BACA JUGA:Masih Bingung Pilih Kadar Emas yang Bagus untuk Cincin Kawin? Begini Kata Ahli Perhiasan

6. Pembelian Produk Investasi

Untuk bisa berinvestasi pada produk investasi seperti deposito, reksadana, saham, forex, kripto dan lainnya. Biasanya memiliki NPWP selalu dijadikan sebagai salah satu persyaratan utama untuk registrasi atau pendaftaran. 

BACA JUGA:Proses Pengajuan Cepat, Begini Simulasi KPR BSI dan Apa Saja Syarat Pengajuan KPR BSI

Ini karena NPWP juga dijadikan sebagai dokumen validasi lainnya selain KTP yang membuktukan kamu telah memasuki usia legal dan memiliki pendapatan tetap sehingga terkualifikasi untuk membeli produk investasi atau berinvestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: