Iklan dempo dalam berita

4 Keistimewaan Bulan Dzulhijjah, Simak Waktu Pelaksanaan dan Niatnya

4 Keistimewaan Bulan Dzulhijjah, Simak Waktu Pelaksanaan dan Niatnya

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 4 Keistimewaan bulan Dzulhijjah, simak waktu pelaksanaan dan niatnya.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dalam kalender Hijriah dan memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Dzulhijjah dianggap sebagai salah satu bulan paling suci dalam Islam, terutama karena perayaan haji dan Idul Adha terjadi pada bulan ini.

BACA JUGA:Cerita Dibalik Siswi SMK Tewas Tenggelam di Trokon Curup, Pihak Sekolah Angkat Bicara

Bahkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari yang sangat dicintai Allah SWT. Maka dari itu memperbanyak amalan baik, sesuai dengan ketentuan Islam bisa mendapat banyak ridho dan syafaat dari Allah SWT.

Bulan Dzulhijjah juga salah satu dari empat bulan haram yakni Muharram, Rajab, dan Dzulqa'dah. Rasulullah SAW bersabda:


الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ


Artinya:

Ingatlah, sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya sejak hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun terdiri atas dua belas bulan, empat bulan di antaranya adalah bulan-bulan haram (suci); tiga di antaranya berturut-turut, yaitu Zul Q dah, Zul Hijjah, dan Muharram; yang lainnya ialah Rajab Mudar, yang terletak di antara bulan Jumada (Jumadil Akhir) dan Sya’ban". (HR. Imam Bukhari).

BACA JUGA:Butuh Pinjaman? Coba Pinjam di BRI, Ini Jenis-jenis Pinjaman BRI 2024 dari Offline hingga Online

Dikutip dari laman resmi islam.nu.or.id ada beberapa Keistimewaan pada Bulan Dzullhijjah, diantaranya:

1. Puncak Keutamaan Ibadah
Pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, umat Islam diberi kesempatan oleh Allah swt untuk meningkatkan berbagai bentuk ibadahnya sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah.

Hal ini selaras dengan apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:


 عن ابن عبّاس رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: «ما من أيّام العمل الصّالح فيها أحبّ إلى الله من هذه الأيام - يعني أيّام العشر - قالوا: يا رسول الله، ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلاّ رجل خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء» (رواه البخاري وأبو داود والترمذي وابن ماجه  

Artinya:

“Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas ra. dari Nabi Saw, beliau bersabda: “Tidak ada hari di mana amal saleh di dalamnya lebih Allah cintai melebihi hari-hari ini (yakni sepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijjah). Para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, meskipun itu Jihad di jalan Allah? Rasul menjawab: Meskipun itu jihad di jalan Allah, kecuali seseorang yang pergi (berjihad) dengan raga dan hartanya, namun ia tak kunjung kembali kepada keluarganya.” (HR. Al-Bukhari, Abu Daud, Al-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: