Iklan dempo dalam berita

Cerita Mistis Pesugihan di Pantai Parangtritis Jogja, Katanya Bentuk Perlindungan dari Nyi Roro Kidul

Cerita Mistis Pesugihan di Pantai Parangtritis Jogja, Katanya Bentuk Perlindungan dari Nyi Roro Kidul

Mistis Pesugihan Pantai Parangtritis Jojga--

2. Upacara Labuhan
Selain ritual ruwatan laut, Pantai Parangtritis juga menjadi tempat diadakannya upacara Labuhan, yaitu upacara penghormatan dan penghormatan kepada leluhur serta roh alam.

Upacara ini melibatkan prosesi membawa persembahan seperti makanan, bunga, dupa, dan hasil bumi lainnya yang kemudian dilemparkan ke laut sebagai bentuk penghormatan.

Upacara Labuhan sering diadakan oleh masyarakat setempat, terutama pada hari-hari tertentu yang dianggap sakral seperti pada malam 1 Suro (tahun baru Jawa) dan malam 7 Suro.

BACA JUGA:Cek Tabel Angsuran Gadai Emas di Pegadaian Pinjaman Rp 2-100 Juta, Bawa Foto Copy KTP Dana Cair

Keunikan Pantai Parangtritis

Selain aspek mistisnya, Pantai Parangtritis juga menawarkan keunikan budaya lokal yang kaya. Pengunjung dapat menemukan berbagai kerajinan tangan khas seperti kuda lumping, wayang kulit, dan souvenir lainnya yang dipajang di sepanjang pantai.

Para pedagang kaki lima juga menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Jawa yang lezat, seperti angkringan, gudeg, dan wedang ronde.

Selain itu, kesenian tradisional seperti tarian Jathilan dan Tari Bedhaya juga sering dipentaskan untuk hiburan pengunjung di tepi pantai.

BACA JUGA:Awas Salah Beli, Ini 5 Cara Mudah Membedakan Sepatu Adidas Ori dan KW

Pantai Parangtritis adalah tempat yang menakjubkan dan penuh dengan keunikan yang menarik. Keindahan alamnya yang memukau, legenda mistis yang mengelilinginya, serta kearifan lokal dalam budaya dan tradisi.

Hal ini yang menjadikan Parangtritis sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi dan dijelajahi oleh siapa pun yang ingin merasakan pesona alam dan kekayaan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Ritual Pesugihan Tanpa Tumbal di Gunung Kemukus Sragen, Begini Ceritanya

Sebagai informasi, tambahan berikut hal-hal yang menarik dari pantai Parangtritis Jogja:

1. Terbang dengan Paralayang
Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot tandem paralayang di tanah Jawa dan menjadi satu-satunya yang ada di Jogja.

Ketika nyali kita kuat, sekuat hembusan angin yang akan membuat kita terbang melayang, maka cobalah nikmati keindahan Pantai Parangtritis ini dari ketinggian 200 meter dari permukaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: