Iklan dempo dalam berita

Jadi Magnet Dunia, Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Jadi Lumbung Harta Karun

Jadi Magnet Dunia, Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Jadi Lumbung Harta Karun

Provinsi di Indonesia yang jadi lumbung harta karun--

2. Papua
Meski terletak jauh di daerah Timur Indonesia, Papua tentu masuk ke dalam daftar sebagai provinsi penghasil ‘harta karun’ Indonesia. Tersimpan banyak sekali mineral dan tambang yang sangat berharga.

Bahan tambang yang ada di Papua salah satunya adalah emas.
Provinsi ini sudah dikenal sejak dulu sebagai daerah penghasil emas terbesar di Tanah Air. Berdasarkan

Booklet Tambang Emas Perak 2020 dari Kementerian ESDM, jumlah cadangan bijih emas terbesar di Indonesia ada di Provinsi Papua, yaitu sebanyak 52%.

BACA JUGA:Gembong Narkoba Divonis Hukuman Ringan, Kajari Bengkulu Instruksikan JPU Banding

3. Aceh
Provinsi yang terletak di bagian paling barat Indonesia ini juga mengandung banyak jenis sumber daya alam yang bernilai tinggi.

Salah satu sumber daya Aceh yang paling terkenal adalah persediaan batu gampingnya, yang merupakan salah satu bahan baku semen.

BACA JUGA:Tabel KUR BTN 2024 Rp 25 Juta, Cicilan Terjangkau Cukup Rp 500 Ribuan, Segini Batas Tenor Angsurannya

Sumber daya mineral ini banyak di temukan di daerah Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan fasilitas pengemasannya berlokasi di Lhoknga dan Lhokseumawe.

Tak hanya itu, Aceh juga mempunyai banyak pasokan migas. Bahkan perusahaan asal Singapura sempat melirik SDA migas yang berada di Meulaboh dan Singkil.

Batu bara juga terkenal banyak terdapat di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Tak tanggung-tanggung, cadangan batu bara di Aceh mencapai 500 juta ton dengan kedalaman 80 meter.

BACA JUGA:Tidak hanya Ikan, Makan Kerang juga Bisa Keracunan, Ini Gejala dan Cara Pencegahannya

4. Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki banyak sumber daya alam, baik itu di sektor pertambangan maupun sektor kelautan.

Letak Jawa Timur yang berada di ujung pulau membuat provinsi ini dipenuhi sumber daya laut yang banyak, mulai dari ikan laut hingga terumbu karang.

Selain itu berdasarkan struktur alam yang dimiliki, provinsi ini memiliki banyak keuntungan dari sisi geologi. Terdapat kandungan minyak dan gas (migas) yang cukup signifikan, serta sumber-sumber bahan mineral lainnya seperti batu kapur, semen dan emas yang juga cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: