Iklan dempo dalam berita

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun--Foto: ist

6. Halmahera Utara, Maluku Utara

Tambang emas Gosowong terletak di Pulau Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Tambang emas ini dioperasikan oleh PT Nusa Halmahera Minerals.

Gosowong, sebagai salah satu daerah penghasil emas terkemuka di Indonesia, memiliki cadangan emas sekitar 26,9 ton. Sejak tahun 1999, tambang Gowosong telah aktif beroperasi, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi lokal dan nasional.

7. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terdapat Tambang emas Martabe. Tambang Martabe dioperasikan oleh PT Agincourt Resource. Tambang ini telah beroperasi sejak tahun 1997.

Potensi emas di tambang Martabe mencapai 8,05 juta ons. Sementara itu, potensi peraknya mencapai 77 juta ons. Pada tahun 2022, produksi emas dari tambang Martabe tercatat mencapai 280.000 ons.

BACA JUGA:Ini Lokasi Persis Potensi Emas di Bengkulu, Masih Banyak Harimaunya

8. Aceh Tengah, Aceh

Tambang emas di Aceh Tengah dioperasikan oleh PT. Linge Mineral Resources. Tambang emas ini berada di wilayah Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Tambang emas ini sempat menjadi sorotan karena berbagai kontroversi.

9. Pohuwato, Gorontalo

Di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontolo, terdapat proyek pembukaan tambang emas yang bernama Pani Gold Project (Proyek Emas Pani). Mengutip situs Merdeka Copper Gold, perusahaan yang mengelola proyek ini, Pani Gold Project akan menjadi tambang emas primer yang terbesar di Indonesia. Kandungan sumber daya mineral di tambang ini ditaksir sebesar 6,6 juta ons emas.

Pani Gold Project diperkirakan akan memulai proses produksi emas pada akhir 2025. Investasi di proyek pertambangan emas ini diperkirakan mencapai Rp10 triliun. Lokasi pertambangan emas Pani berada di Desa Hulawa, Buntulia, Pohuwato, Gorontalo.

BACA JUGA:Kenapa Potensi Emas di Bengkulu Belum Digarap, Padahal Potensinya Melebihi Freeport?

10. Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Tambang emas Toka Tindung terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tambang emas ini merupakan salah satu wilayah operasi pertambangan emas terbesar di kawasan Asia Tenggara. Berada sekitar 35 km arah timur laut dari Manado, tambang emas murni di Toka Tindung dioperasikan oleh PT Archi Indonesia Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: