Iklan dempo dalam berita

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun--Foto: ist

Dikutip dari laman Merdeka Copper Gold, BSI menjalankan kegiatan penambangan di Tambang Emas Tujuh Bukit dengan merujuk pada Izin Usaha Pertambangan Operasi dan Produksi yang telah diperoleh sejak tahun 2012. Izin tersebut mencakup lahan seluas 4.998 hektare yang terletak di wilayah hutan produksi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari total luas lahan tersebut, BSI hanya memanfaatkan 992 hektare untuk melaksanakan operasi tambang.

BACA JUGA:Penyumbang Emas untuk Tugu Monas, Ternyata Segini Penghasilan Warga Penambang Emas Tradisional di Lebong Tanda

3. Gunung Pongkor, Bogor, Jawa Barat

Gunung Pongkor merupakan salah satu daerah penghasil emas di Indonesia yang dikelola oleh Tambang Emas Pongkor (TEP), bagian dari BUMN PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Lokasi tambang emas Gunung Pongkor berada di Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 54 kilometer dari Kota Bogor.

Eksplorasi logam dasar di tambang Gunung Pongkor telah dilakukan sejak tahun 1974. TEP memiliki tiga urat kuarsa yang kaya akan emas dan perak, yaitu urat Ciguha, urat Kubang Kicau, dan urat Cicurug.

Cadangan geologi di Gunung Pongkor mencapai sekitar 6 juta ton bijih emas dengan kadar emas rata-rata sekitar 17,14 gram per ton dan kadar perak sekitar 154,28 gram per ton.

Mengutip artikel Menyusuri Jejak Gurandil di Tambang Emas Pongkor (2012) dalam situs Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, cadangan emas Gunung Pongkor diperkirakan dapat dipertahankan hingga 12 atau 14 tahun ke depan.

BACA JUGA:Ini Daerah yang Menjadi Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Apakah Daerahmu Termasuk? Cek Sekarang

4. Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Tambang emas bernama Tambang Onto berada di kawasan Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tambang Onto merupakan hasil eksplorasi yang dilakukan PT Sumbawa Timur Mining (STM) sejak tahun 2010. Penemuan deposit bijih tembaga-emas di wilayah ini diumumkan pada Februari 2020 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Berdasarkan hasil eksplorasi hingga Desember 2019, sumber daya mineral Tambang Onto diperkirakan mencapai 1,7 miliar ton, dengan kandungan 0,89% tembaga dan 0,49 g/t emas. Sebanyak 64 lubang pemboran telah dilakukan untuk menentukan ukuran, luas, dan karakteristik sumber daya mineralnya.

5. Sumbawa Barat, NTB

Tambang emas Batu Hijau berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tambang Batu Hijau merupakan tambang emas dan tembaga terbesar kedua di Indonesia. Tambang ini bahkan diperkirakan memiliki cadangan terbesar di seluruh Indonesia.

Tambang Batu Hijau dibuka sejak tahun 2000. PT Amman Mineral Nusa Tenggara adalah perusahaan tambang Indonesia yang mengelola operasional tambang Batu Hijau.

BACA JUGA:Ternyata Segini Cadangan Emas di Seluma Bengkulu, Ini Perbandingannya dengan Freeport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: