Iklan dempo dalam berita

Kenapa Potensi Emas di Bengkulu Belum Digarap, Padahal Potensinya Melebihi Freeport?

Kenapa Potensi Emas di Bengkulu Belum Digarap, Padahal Potensinya Melebihi Freeport?

Kenapa cadangan emas di Kabupaten Seluma belum digarap?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kenapa potensi emas di Bengkulu belum digarap, padahal potensinya melebihi Freeport?

Potensi emas di Provinsi Bengkulu ini berada di Kabupaten Seluma. Sebelumnya sudah melalui berbagai penelitian. Namun kenapa sampai sekarang belum juga digarap?

Pemerintah Kabupaten Seluma saat ini tengah fokus untuk melakukan perubahan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah ada. 

Hal ini penting dilakukannya lantaran ada banyaknya potensi yang dapat didulang oleh Pemkab Seluma, dan saat ini sudah ada beberapa usulan revisi perda yang telah disampaikan agar dilakukan pembahasan lebih mendalam. 

BACA JUGA:Ini Perkembangan Terbaru Rencana Eksplorasi Potensi Emas di Bengkulu, Cadangannya Melebihi Freeport

Asisten III Sekretariat Pemkab Seluma Ridwan Sabrin mengatakan sejumlah usulan revisi tengah dipelajari dan akan melibatkan beberapa OPD terkait.

Karena ada beberapa revisi dan usulan yang dilakukan terhadap perda RTRW, diantaranya yakni di bidang pertambangan, bidang perikanan, bidang pertanian serta beberapa bidang lainnya dan termasuk potensi energi pembangkit listrik pada aliran sungai yang ada di Kabupaten Seluma untuk pembuatan PLTA ke depannya. 

“Ada beberapa revisi dan usulan yang dilakukan terhadap perda RTRW kita, karena salah satunya untuk bidang pertambangan yang sampai sekarang masih dibahas dengan melibatkan beberapa OPD,” terang Ridwan Sabrin. 

Lanjutnya, dengan telah diturunkannya status sejumlah kawasan hutan di Kabupaten Seluma oleh pusat juga masih perlu dilakukan tindak lanjutnya seperti penegasan tapal batas. 

BACA JUGA:Harta Karun di Bengkulu, Wilayah Ini Memiliki Cadangan Emas Melebihi Freeport

Selain itu, Pemkab Seluma optimis untuk melakukan perubahan perda, terutama karena potensi tambang di Kabupaten Seluma cukup besar, salah satunya potensi adanya kandungan emas di sekitar Kecamatan Semidang Alas. 

Untuk diketahui berdasarkan penelitian sebelumnya, Kabupaten Seluma memiliki tiga titik lokasi yang punya kandungan emas dan diprediksi potensinya melebihi tambang emas yang dikelola PT. Freeport Indonesia di Timika Papua. 

Pada tahun 2010, PT. Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) pernah mendapatkan izin eksplorasi dari Bupati Seluma di masa pemerintahan Bupati Murman Efendi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: