Iklan dempo dalam berita

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Amalan Nabi Muhammad saat bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Catat! Ini 4 amalan Nabi Muhammad SAW saat berpuasa, mengakhiri sahur dan menyegerakan berbuka.

Bulan Ramadhan akan menjadi bulan menambang pahala serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Selain puasa, umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya. 

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam. Selain itu puasa juga menjadi ibadah wajib yang diperintahkan Allah SWT.

Ritual puasa pun dijalankan sesuai dengan sunnah Rasul. Muhammad Ajib, Lc, MA, dalam buku "Fiqih Puasa Versi Madzhab Syafi’i" memaparkan sunnah-sunnah yang mengiringi ritual puasa menjadi dianjurkan untuk dikerjakan. Di antara yang termasuk kesunnahan dalam puasa adalah sebagai berikut: 

BACA JUGA:Rekomendasi 2 Takjil Mantul, Cocok untuk Pemanis Buka Puasa, Yuk Intip Resepnya

1. Mengakhirkan Sahur 

Disunnahkan ketika hendak puasa untuk makan sahur terlebih dahulu. Walaupun sahurnya hanya dengan seteguk air tetap mendapatkan kesunnahan puasa. Hal ini berdasar hadis, Dari Anas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah, karena pada sahur itu ada keberkahan”. (HR Bukhari dan Muslim) 

Selain itu juga disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur hingga mendekati waktu subuh. Dari Abu Zar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu’ Nabi SAW bersabda: “Umatku senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur”. (HR. Ahmad) 

2. Menyegerakan Berbuka 

Ketika sudah azan maghrib maka disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Makruh hukumnya jika sampai menunda buka puasa hingga waktu malam hari. Dalam hal ini Nabi SAW bersabda: Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra. dengan riwayat marfu’, 

“Umatku senantiasa dalam kebaikan selama menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur”. (HR. Ahmad) 

BACA JUGA:Hindari Pinjol Ilegal, Begini Cara Ajukan Pinjaman BCA Tanpa Jaminan, Dijamin Mudah dan Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: