Iklan dempo dalam berita

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Amalan Nabi Muhammad saat bulan ramadhan--

3. Memperbanyak Ibadah Sunnah 

Bulan ramadhan adalah bulan kesempatan bagi kita untuk meraih banyak pahala dengan memperbanyak ibadah.

Maka sangat rugi apabila di bulan ramadhan kita hanya fokus pada puasa saja. Padahal ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur'an, sedekah, iktikaf, sholat tarawih, sholat witir, sholat dhuha dan lain-lain termasuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk ditingkatkan kualitasnya. 

4. Menahan Diri Dari Amal Buruk 

Disunnahkan ketika puasa untuk tidak berkata-kata kasar, jorok, buruk, bohong dan lain-lain. Dalam sebuah hadis sahih Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh dia untuk meninggalkan makan minumnya (puasanya). (HR Bukhari, Abu Daud, AtTirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah) Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu melakukan rafats dan khashb pada saat berpuasa. Bila seseorang mencacinya atau memeranginya, maka hendaklah dia berkata, "Aku sedang puasa". (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BSI 2024 Pinjaman Rp 25 Juta Tanpa Jaminan, Cicilan Mulai Rp 483.320 per Bulan

Demikian amalam Nabi Muhammad saat berpuasa di bulan Ramdahan. Sementara itu, bulan Ramdhan juga memiliki banyak keutamaan yang bisa diraih oleh setiap muslim yang menjalani ibadah puasa dengan ikhlas. Mereka yang berpuasa agar mendapatkan rida Allah SWT akan diganjar pahala besar.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa keutamaan Bulan Ramadhan:

1. Puasa Ramadhan salah satu rukun Islam

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

"Islam dibangun atas lima hal: (1) Persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah (Syahadatain), (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji, dan (5) puasa Ramadhan'". (HR Bukhari dan Muslim)

2. Amalan yang pahalanya tidak terbatas

Dari Ibnu Abbas ra. dari Rasulullah SAW sebagaimana yang beliau riwayatkan dari Rabb-nya Yang Maha Suci dan Maha Tinggi, "Sesungguhnya Allah mencatat kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan".

BACA JUGA:Pinjaman BCA Jaminan BPKB Mobil, Cair Rp 500 Juta dengan Bunga Mulai 5,58 Persen per Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: