Iklan dempo dalam berita

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Amalan Nabi Muhammad saat bulan ramadhan--

Kemudian Beliau menjelaskan mengenai hal itu, "Barang siapa yang bermaksud melakukan suatu kebaikan namun tidak jadi mengamalkannya, maka Allah mencatat di sisi-Nya sebagai kebaikan yang sempurna untuknya. Adapun jika dia sampai mengamalkannya, maka Allah mencatat di sisi-Nya sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus lipat banyaknya. Barang siapa yang bermaksud buruk namun tidak mengamalkannya maka Allah mencatat di sisi-Nya suatu kebaikan yang sempurna. Jika ia bermaksud buruk lalu mengamalkannya maka Allah mencatatnya sebagai satu keburukan". (HR. Bukhari)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Jika salah seorang dari kalian memiliki keislaman yang baik, maka setiap amal kebaikan yang ia lakukan akan dicatat (pahalanya) sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat." (HR. Bukhari)

3. Pahala besar bagi amalan di bulan Ramadhan

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda,

"Wahai manusia, bulan yang agung telah mendatangi kalian. Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari 1. 000 bulan. Allah menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kewajiban, dan menghidupkan malamnya sebagai ibadah tathawwu' (sunnah). Barangsiapa pada bulan itu mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan yang lain. Barangsiapa mengerjakan satu perbuatan wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kewajiban di bulan yang lain.

BACA JUGA:Berikut Syarat Pinjaman Online BRI Ceria, Dapatkan Dana Rp 10 Juta Tenor 12 Bulan, Segini Cicilannya

Ramadhan adalah bulan kesabaran, sedangkan kesabaran itu balasannya adalah surga. la (juga) bulan tolong-menolong. Di dalamnya rezeki seorang mukmin ditambah. Barangsiapa pada bulan Ramadhan memberikan hidangan berbuka kepada seorang yang berpuasa, dosa-dosanya akan diampuni, diselamatkan dari api neraka dan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tadi sedikitpun."

4. Terdapat malam Lailatul Qadar

Terdapat malam Lailatul Qadr di salah satu malam di antara sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Malam lailatul Qadr secara spesifik disebutkan langsung oleh Allah SWT dalam firman-Nya, yang mana malam itu bernilai lebih baik dari 1000 bulan.

Allah SWT berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS Al Qadar:3)

BACA JUGA:Ide Resep Menu Iftar untuk Buka Puasa Bersama Keluarga Besar, Dijamin Pasti Semua Suka

5. Waktu mustajab untuk berdoa

Terdapat tiga waktu utama yang mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan yakni di waktu sahur, ketika berpuasa dan waktu berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: