Iklan dempo dalam berita

Apakah Gaji ASN yang Pindah ke IKN akan Naik Sesuai Eselon dan Pangkat? Begini Penjelasannya

Apakah Gaji ASN yang Pindah ke IKN akan Naik Sesuai Eselon dan Pangkat? Begini Penjelasannya

Apakah gaji PNS di IKN Nusantara akan naik?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Apakah gaji ASN yang pindah ke IKN akan naik sesuai eselon dan pangkat? Begini penjelasannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengusulkan agar para aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) kemungkinan bisa mendapatkan insentif.

Insentif yang diusulkan berupa tunjangan pionir sebagai bentuk apresiasi kepada ASN. Selain itu, Anas juga menyinggung soal hunian ASN ketika nantinya pindah ke ibu kota baru.

Adapun, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga angkat bicara soal biaya operasional ASN yang akan pindah ke IKN.

BACA JUGA:Ini Kriteria ASN yang akan Dipindahkan ke IKN, Apakah Kamu Termasuk? Cek Penjelasannya Berikut

Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara DJA Kemenkeu, Dwi Pudjiastuti Handayani, mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi tentang berapa ASN yang pasti akan pindah ke IKN. Sehingga belum dapat menginformasikan berapa kebutuhan operasionalnya.

Namun, dia menyebutkan belum ada perubahan operasional untuk masing-masing kementerian atau lembaga.

Lebih lanjut, Dwi tak menjawab secara gamblang mengenai jumlah pasti kebutuhan operasional pemindahan ASN ke IKN.

Sementara itu, Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB, Mohammad Averrouce, membantah pihaknya belum berkoordinasi dengan Kemenkeu soal jumlah pasti ASN yang akan pindah ke IKN.

BACA JUGA:Apakah Biaya Hidup di IKN Mahal? Katanya Sewa Kos-kosan Rp 55 Juta per Tahun, Begini Penjelasannya

Apalagi, kata dia, ada Kelompok Kerja atau Pokja ASN IKN yang menyiapkan perpindahan aparatur negara ke IKN.

Dia mencontohkan, anggotanya ada Kemenpan RB, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional alias Bappenas, dan lain-lain.

Sebelumnya diberitakan, Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyatakan perpindahan ASN ke IKN pada Juli 2024 batal. Pemerintah meminta agar rencana tersebut ditunda hingga September 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Adapun tempat tinggal yang tersedia masih belum sesuai dengan rencana awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: