Iklan dempo dalam berita

Apakah Gaji ASN yang Pindah ke IKN akan Naik Sesuai Eselon dan Pangkat? Begini Penjelasannya

Apakah Gaji ASN yang Pindah ke IKN akan Naik Sesuai Eselon dan Pangkat? Begini Penjelasannya

Apakah gaji PNS di IKN Nusantara akan naik?--

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Pinjol Syariah 2024, Pinjaman Rp 10 Juta Tidak Ada Bunga dan Cicilan Ringan

Walhasil, rusun tempat tinggal itu belum bisa dihuni oleh ASN. Merujuk target awal pemerintah, sebanyak 6 ribu orang ASN akan pindah pada gelombang pertama ke IKN.

Pada kesempatan berbeda, Anas sebelumnya mengungkapkan, pemindahan ASN ke IKN tidak hanya sebatas memindahkan sumber daya manusia (SDM), tetapi lebih kepada mendorong terciptanya budaya birokrasi baru berbasis digital.

Oleh karena itu, dia meminta ASN lama yang dipindahkan atau yang baru diisi dari jalur rekrutmen CASN 2024 harus benar-benar diseleksi.

Dia menyebut, IKN nantinya akan menjadi sebuah ‘mimpi’ bersama dalam mewujudkan birokrasi terbaik.

Melalui penguatan SDM yang unggul dan sesuai core values ASN, yaitu Ber-AKHLAK, diharapkan IKN dapat mencapai gambaran birokrasi terbaik menurut penilaian Kementerian PANRB, baik dari sisi efektivitas bisnis dan kelembagaan, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), akuntabilitas kinerja, serta implementasi pelayanan publik.

BACA JUGA:Kredit Daihatsu All New Xenia 1.5 R CVT, DP 30 Persen Cicilan Rp 3 Jutaan, Berikut Review Keunggulannya

Untuk itu, tujuan pemerintah tidak hanya memindahkan ASN ke IKN saja, tetapi bagaimana menciptakan budaya birokrasi baru yang berbasis digital, sehingga diperlukan ASN yang tidak hanya bagus secara nilai akademik, tetapi juga mempunyai skill dan bisa multitasking.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini menuturkan, selain penguasaan skill dan multitasking, persyaratan kompetensi ASN yang ditugaskan di IKN juga harus menguasai literasi digital berdasarkan hasil asesmen Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Lebih lanjut, Rini menguraikan, terdapat beberapa prinsip penempatan ASN ke IKN. Semua ASN di kementerian dan lembaga (K/L) yang bekerja di satuan kerja (Satker) pusat akan dipindahkan.

BACA JUGA:Mobil SUV Bertenaga, Ini Kredit Suzuki XL7 DP Rp 50 Juta, Segini Cicilan Bulanannya

Skema pemindahannya dilakukan secara bertahap sesuai penapisan (filter) kelembagaan dan ketersediaan hunian yang mana satu ASN mendapatkan satu unit tempat tinggal, baik bagi lajang maupun sudah berkeluarga.

Prinsip lainnya, yaitu ASN yang dipindahkan pada tahap pertama perlu diberikan tunjangan khusus dan formasi CPNS 2024 dipersiapkan untuk menjadi prioritas pindah ke IKN.

Adapun tahap pemindahan IKN sebagaimana UU IKN dibagi menjadi lima fase, yakni:

1. Fase pertama (2020-2024) berupa pembangunan miniatur penyelenggara pemerintahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: