Iklan dempo dalam berita

Meski Gurih, Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan Secara Berlebihan,Nomor 1 Fatal

Meski Gurih, Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan Secara Berlebihan,Nomor 1 Fatal

Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan--

Mirip pada poin sebelumnya, kram otot adalah dampak dari seringnya mengkonsumsi santan. Kram otot terjadi akibat tingginya kolesterol dan membentuk plak-plak pada pembuluh darah. Plak-plak ini kemudian kan terbentuk dan enempel pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah kecil yang menuju ke jaringan otot.

BACA JUGA:Rambut Rontok Mengganggu? Coba Perawatan Pakai Santan Kelapa, Begini Caranya

Otot merupakan jaringan yang membutuhkan kelancaran aliran darah agar memenuhi kebutuhan oksigen utnuk berjalannya proses metabolisme. Namun, akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah menyebabkan aliran darah dan pasokan oksigen tersebut terganggu sehingga mengganggu fungsi otot, salah satunya menyebabkan rasa kram. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kelapa Muda Sebagai Solusi Awet Muda Alami Dambaan Setiap Orang

6. Stroke

Stroke merupakan damapk dari tingginya kolesterolakibat banyak mengkonsumsi santan. Mirip dengan cara terjadinya serangan jantung koroner dan kram otot. Stroke juga terjadi akibatnya terhambatnya aliran darah menuju otak oleh sumbatan plak-plak pada pmebuluh darah. Jika terjadi sumbatan neuju otak maka dapat menyebabkan terjadinya stroke. 

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa untuk Keracunan dan Apakah Konsumsi Air Kelapa Bisa untuk Jengkolan?

7. Efek Samping Alergi

Bagi mereka yang menderita alergi kacang juga dapat mengalami alergi pada santan. Hal ini dikarenakan adanya beberapa protein yang serupa pada kacang-kacangan, sehingga alergi dapat terjadi. 

BACA JUGA:Ternyata Ada Fakta Menarik dan Manfaat Konsumsi Air Kelapa Selain Menyegarkan

Efek yang muncul dari adanya alergi ini adalah sakit pada perut bagian bawah nausea, muntah, diare, iritasi pada mulut, tenggorokan, mata, dan atau kulit, dan pembengkakan. 

Oleh karenanya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan disarankan untuk tidak mengonsumsi santan atau bahkan kelapa utuh. 

BACA JUGA:Punya Rasa Manis Alami, Apakah Konsumsi Air Kelapa Muda Dilarang untuk Penyakit Diabetes?

8. Menambah Berat Badan

Santan memiliki kalori sebanyak 552 per 1 cup atau 240 gram. Konsumsi santan yang berlebihan mampu memberi penambahan kalori yang banyak pula. Kalori yang menumpuk akan menjadi lemak, yang berkontribusi dalam penambahan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: