Iklan dempo dalam berita

Meski Gurih, Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan Secara Berlebihan,Nomor 1 Fatal

Meski Gurih, Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan Secara Berlebihan,Nomor 1 Fatal

Ketahui 9 Dampak Konsumsi Santan--

BACA JUGA:Wajib Tahu Kenapa Konsumsi Air Kelapa Muda Dilarang untuk Penyakit Ginjal

9. Meningkatkan Resiko Terkena Kanker

Santan yang dikemas ke dalam kaleng mampu meningkatkan resiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan, terdapat kaleng yang mengandung bisphenol A (BPA), bahan kimia yang dapat larut dari lapisan kaleng menjadi larut dan bersatu dengan makanan.

BACA JUGA:Selain untuk Orang Dewasa, Ada 4 Manfaat Santan kelapa untuk Bayi yang Bunda Wajib Tahu

BPA telah dikaitkan dengan masalah reproduksi dan kanker, hal ini telah dibuktikan ke dalam berbagai penelitian sejenis.

Sehingga apabila santan dikonsumsi berlebihan, makin meningkatkan resiko tersebut. Namun, terdapat beberapa merek yang menggunakan kemasan bebas BPA, sehingga mampu mengurangi resiko terkena efek samping konsumsi makanan atau santan yang tercemar BPA. 

BACA JUGA:2 Manfaat Santan Kelapa untuk Kulit Kamu Sehat, Begini Cara Buatnya Dirumah

Terlalu banyak konsumsi santan, sehingga memiliki kalori yang banyak pada tubuh juga dapat menaikkan resiko terkena kanker dan penyakit kronis lain.

Anjuran batasan konsumsi santan

Anjuran asupan harian kalori sebenarnya bergantung pada usia, metabolisme, dan level aktivitas fisik. Pada umumnya rekomendasi asupan kalori pada perempuan sebanyak 2000 kalori per hari pada perempuan. Sedangkan pada pria, sebanyak 2500 kalori per hari.

BACA JUGA:2 Manfaat Santan Kelapa untuk Kulit Kamu Sehat, Begini Cara Buatnya Dirumah

Apabila kalori pada santan per 1 cup atau 240 gram sebanyak 552 kkal, maka dalam sehari hanya dibolehkan untuk mengonsumsi sebanyak 3 – 4 cup saja. Apabila melebihi batasan tersebut, akan menimbukan berbagai efek samping pada tubuh.

BACA JUGA:Manfaat Santan Kelapa untuk Tanaman Selain di Konsumsi Manusia untuk Bahan Makanan

Selain itu, beberapa ahli gangguan pencernaan memaparkan bahwa orang yang memiliki intoleransi FODMAP harus membatasi santan hingga ½ cup (120 ml) sekaligus. FODMAP sendiri adalah nama pola makanan yang harus dihindari yaitu  Fermentable Oligosakarida, Disakarida, Monosakarida, serta Poliol. 

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Manfaat Santan Kelapa untuk Wajah, Bisa Membersihkan Pori-pori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: