Iklan dempo dalam berita

10 Tanda Kiamat Dalam Islam, Simak juga 6 Kehidupan Umat Manusia Setelah Kiamat

10 Tanda Kiamat Dalam Islam, Simak juga 6 Kehidupan Umat Manusia Setelah Kiamat

Kehidupan setelah kiamat dalam Islam terbagi menjadi enam--

Kehidupan setelah kiamat yang pertama yaitu alam barzakh atau alam kubur. Alam Barzakh merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam kubur manusia akan bertemu, ditanyai, dan diperiksa oleh malaikat Munkar dan Nakir tentang segala amal perbuatannya ketika menjalani kehidupan di dunia.

BACA JUGA:Kesempatan Dapat Pinjaman KUR BSI 2024 Rp 50 Juta, Punya KTP Seperti Ini Terima Angsuran Bebas Bunga dan Riba

2. Yaumul Ba'ats

Kehidupan setelah kiamat berikutnya yaitu Yaumul Ba'ats, hari dibangkitkannya manusia dari kubur. Kebangkitan manusia ini akan terjadi setelah ditiupkan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Israfil.

Seluruh manusia mulai zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir bangkit dari kubur. Ini merupakan hari di mana kehidupan sudah berakhir dan waktunya manusia dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya.

BACA JUGA:Hadir dengan Desain Baru, Berikut Daftar Harga dan Tabel Simulasi Kredit Mobil Honda Jazz 2024

3. Yaumul Mahsyar

Setelah dibangkitkan, lalu kemudian manusia akan diarahkan ke padang mahsyar. Salah satu tahapan kehidupan setelah kiamat ini disebut dengan Yaumul Mahsyar. Di yaumul mahsyar manusia menerima catatan amalnya selama hidup di dunia, baik amal yang buruk maupun amal yang baik. Seluruhnya tercatat secara rinci.

BACA JUGA:9 Langkah Mudah Daftar KUR BNI 2024 Online, Cukup KTP dan SKU Usia 21 Tahun Dapat Dana Rp 65 Juta

Orang yang beriman dan beramal saleh akan merasa gembira melihat catatan amalnya. Sebaliknya, orang yang berbuat jahat dan kerusakan ketika hidup di dunia akan menerima catatan amalnya dengan perasaan sedih serta penuh dengan penyesalan.

BACA JUGA:Pastinya Membuat Tidak Nyaman, Lantas Berapa Hari Cacar Air Bisa Sembuh?

Pada hari itu orang yang tidak beriman sungguh telah putus harapannya dari perlindungan Allah SWT. Di hari tersebut, sudah tidak mungkin lagi Allah SWT memberi pengampunan. Sebaliknya bagi orang-orang yang beriman penantiannya di Padang Mahsyar adalah penantian yang penuh harapan akan pertolongan Allah SWT.

BACA JUGA:Bahannya Mudah DiDapat, Berikut 5 Bahan Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air

4. Yaumul Hisab

Kehidupan setelah kiamat dalam Islam selanjutnya yaitu Yaumul Hisab. Yaumul Hisab adalah proses di mana manusia dihitung amal perbuatannya, baik atau buruk. Setelah seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia akan dihitung. Pada hari itu manusia akan menerima balasannya masing-masing berdasarkan keadilan dari Allah Swt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: