Iklan dempo dalam berita

10 Tanda Kiamat Dalam Islam, Simak juga 6 Kehidupan Umat Manusia Setelah Kiamat

10 Tanda Kiamat Dalam Islam, Simak juga 6 Kehidupan Umat Manusia Setelah Kiamat

Kehidupan setelah kiamat dalam Islam terbagi menjadi enam--

10. Api yang menggiring manusia ke mahsyar

Lebih lanjut, Ibnu Hajar dalam syarh Shahih Bukhari menjelaskan: "Sesunggguhnya pertanda-pertanda kiamat itu (terbagi dua), ada yang menunjukkan dekatnya kiamat, sedangkan yang lain menunjukkan terjadinya kiamat."

BACA JUGA:Mobil Keluarga Murah Irit BBM, Ini Spesifikasi dan Harga Mobil Calya Baru 2024

Ibnu Hajar juga menjelaskan tanda yang termasuk bagian pertama adalah keluarnya Dajjal, turunnya Isa bin Maryam, Ya'juj dan Ma'juj, serta gempa. Sedangkan yang termasuk bagian kedua adalah munculnya asap, terbitnya matahari dari barat, hewan melata, dan api yang menggiring manusia ke mahsyar.

Saat tanda-tanda pertama terjadi, taubat dan amal saleh masih diterima. Namun, jika tanda kedua sudah terjadi, taubat dan amal saleh tidak lagi diterima. 

BACA JUGA:Cara Ajukan KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan Bisa Cair hingga Rp 100 Juta, Bunga Rendah

Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Tidaklah datang hari kiamat hingga terbitnya matahari dari barat. Jika muncul matahari dari barat dan seluruh manusia menyaksikannya, mereka akan beriman, itulah saat ketika iman seseorang tak lagi berguna bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelumnya, atau dia belum mengusahakan kebaikan sewaktu beriman.

BACA JUGA:PT Garudafood Putra Putri Jaya Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA SMK, Cara Daftar Cukup Kirim Online

Kiamat itu pasti datang, sewaktu dua orang sedang jual-beli pakaian, tetapi mereka tak sempat melipatnya. Kiamat itu pasti datang, yaitu sewaktu seseorang hendak minum susu untanya, tapi ia tak ingat untuk menenggaknya Kiamat pasti terjadi, sewaktu seseorang sedang menggarap lahannya, tapi ia tak sempat menyiraminya. Kiamat pasti terjadi, sewaktu seseorang sedang menyuapkan makanan ke dalam mulutnya, sedangkan dia tak sempat menelannya."

BACA JUGA:Terkena Cacar Air Jangan Digaruk, Ini Rekomendasi Salep Cacar Air Biar Cepat Kering

Sementara itu, adapun kehidupan yang akan terjadi setelah kiamat. Kehidupan setelah kiamat dalam Islam bermula setelah peristiwa kiamat yang maha dahsyat itu. Semua manusia akan mati dan mengalami proses kehidupan di alam akhirat. 

BACA JUGA:Cek Perbedaan Angsuran KUR BCA dan Mandiri 2024 untuk Pinjaman Rp 100 Juta, Bedanya Cuma Segini

Kehidupan setelah kiamat dalam Islam terbagi menjadi enam, yaitu:

1. Alam Barzakh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: