Iklan dempo dalam berita

Kisah Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu ‘Anha, Seorang Gadis Yang Dipersunting Rasulullah

Kisah Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu ‘Anha, Seorang Gadis Yang Dipersunting Rasulullah

Aisyah radhiallahu ‘anha adalah orang yang paling fakih--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha, salah satu istri baginda Rasulullah yang dinikahinya dengan status yang masih gadis. Beliau yang paling muda dalam usia pernikahan. Dan istri nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits.

BACA JUGA:Kisah Ummul Mukminim Khadihjah, Istri Serta Wanita Pertama Yang Dicintai Baginda Rasulullah

Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakr ash-Shiddiq lahir pada tahun 9 Sebelum Hijrah. Nabi memanggilnya dengan Humaira, karena putihnya kulit beliau. Ibunya adalah Ummu Ruman bin Amir bin Uwaimir al-Kinaniyah radhiallahu ‘anha.

BACA JUGA:Peringatan Malaikat Maut untuk Manusia yang Berusia 40 Tahun ke Atas, Lakukan saja Karena Ajal Sudah Dekat

Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha lahir setelah risalah Islam diturunkan. Artinya, beliau tidak sempat mengalami fase jahiliyah dalam kehidupannya. Beliau terlahir dalam sebagai muslimah karena kedua orang tuanya telah memeluk Islam. Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim, dari Urwah bin az-Zubair bahwa Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

لم أعقل أبوي إلا وهما يدينان الدين

“Aku belumlah berusia baligh ketika kedua orang tuaku sudah memeluk Islam.”

Aisyah dilahirkan di rumah yang penuh cahaya keimanan. Kedua orang tuanya yang merupakan sahabat terbaik Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pembimbingnya. Ia tumbuh dengan bimbingan agama yang mulia dan pengajaran budi pekerti yang luhur.

BACA JUGA:Sebelum Datang Mencabut Nyawa, Malaikat Maut Kirim 3 Utusan, Namun Sayang Manusia Tidak Sadar

Saat berusia tujuh belas tahun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melamar Aisyah. Dan kemudian menikahinya pada saat Aisyah sudah berusia sembilan tahun. 

Karena usianya yang sangat muda, tidak heran setelah menikah dengan Rasulullah kita mendapati riwayat-riwayat yang menceritakan bahwa Aisyah masih suka bermain-main layaknya anak kecil. Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah pernah menemuiku saat aku bermain dengan anak-anak perempuan. ‘Apa ini hai Aisyah?” tanya beliau. Kujawab, ‘Ini adalah kudanya Sulaiman’. Beliau pun tertawa.”

BACA JUGA:Setiap Hari Ini Katanya Malaikat Maut 5 kali Berdiri di Depan Pintu dan 70 kali Memandang Wajah Manusia

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat mencintai istrinya yang masih belia ini. Beliau berpesan kepada ibu Aisyah, Ummu Ruman, 

“Hai Ummu Ruman, aku menitipkan Aisyah agar engkau membimbingnya dengan baik. Dan jagalah untukku apa yang ada padanya.” Rasulullah sangat senang berjumpa dengannya. Beban yang beliau rasa menjadi hilang dengan menemuinya.

Setelah hijrah ke Madinah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melangsungkan resepsi pernikahan dengan Aisyah. Beliau mulai berumah tangga dengannya. Dan kota Madinah pun turut merasa bahagia dengan kebahagiaan keduanya. Setelah sebelumnya mereka bergembira dengan kemenangan di Perang Badar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: