Iklan dempo dalam berita

9 Tips Merawat Sepeda Motor Listrik, Nomor 3 Terdengar Sepele tapi Fatal

9 Tips Merawat Sepeda Motor Listrik, Nomor 3 Terdengar Sepele tapi Fatal

Perawatan sepeda motor listrik--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sama seperti jenis kendaraan lainnya secara umum, motor listrik juga memerlukan perawatan yang baik. Bila tidak dilakukan, beberapa komponen dari motor listrik bekerja tidak optimal. 

Bahkan kendaraan umum yang tak bisa dibawa ke rumah seperti kereta api pun memerlukan perawatan berkala. Simak tips agar motor listrik di rumah Anda awet terjaga:

BACA JUGA:Berikut jenis-jenis beasiswa LPDP 2024 yang wajib kamu ketahui, Wujudkan Mimpi dan Gapai Cita-citamu

Rutin ganti van belt

Van belt merupakan bagian dari motor listrik yang memiliki fungsi menyalurkan daya dari mesin ke sistem penggerak. Pada motor listrik sendiri, penggantian van belt, disarankan setiap menempuh jarak 3.000 km. 

Walaupun dirasa tarikan motor masih terasa enak ketika digunakan. Hal ini dimaksudkan agar van belt tidak putus di tengah jalan.

Metode penyimpanan  

Sebisa mungkin usahakan untuk menyimpan motor listrik secara baik. Ada panduan khusus agar metode penyimpanan yang kamu gunakan tidak sampai merusak atau mengurangi fungsi motor listrik.  

BACA JUGA:Kuliah Gratis hingga ke Luar Negeri, Cari di LPDP, Berikut Jenis Beasiswa yang Disediakan

Letakkan motor listrik di tempat yang kering dan terlindung dari cuaca ekstrem. Selalu gunakan penutup untuk melindungi sepeda motor dari debu dan kotoran.

Kalau kamu tidak akan menggunakan sepeda motor listrik untuk waktu yang lama, simpanlah baterai pada daya sekitar 50%.

Letakkan baterai di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari secara langsung dengan suhu yang sejuk.

Hindari mencuci motor listrik dengan kompresor

Hampir sama seperti berkendara di area banjir, menghindari cuci motor dengan tekanan tinggi seperti menggunakan kompresor juga berguna agar air tidak masuk ke bagian dalam motor. Pada motor listrik terdapat kisi-kisi udara di bagian kolong bodi motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: