Iklan dempo dalam berita

9 Tips Merawat Sepeda Motor Listrik, Nomor 3 Terdengar Sepele tapi Fatal

9 Tips Merawat Sepeda Motor Listrik, Nomor 3 Terdengar Sepele tapi Fatal

Perawatan sepeda motor listrik--

Untuk motor listrik sendiri, meskipun sudah dirancang sedemikian rupa agar tahan air, tetap hindari genangan air yang ketinggiannya melebihi soket pengisian daya.

BACA JUGA:Pria Katanya Lebih Rentan Mengidap Asam Urat, Ini Mitos-mitos Tentang Asam Urat

Soket tersebut berada di antara kaki pengendara atau di area dek tengah. Oleh karena itu, demi keawetan motor listrik, jangan dipaksakan untuk melewati genangan air yang tinggi.

Cek Tekanan Ban

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam merawat motor listrik adalah tekanan ban. Tekanan ban yang tidak sesuai dengan standar dapat menyebabkan kinerja motor menurun, konsumsi daya baterai meningkat, dan risiko kecelakaan lebih besar.

Oleh karena itu, Anda perlu mengecek tekanan ban secara rutin dan benar.

Cara yang tepat untuk mengecek tekanan ban motor listrik adalah dengan menggunakan alat pengukur khusus yang disebut tire pressure. 

Tekanan ban yang ideal untuk motor listrik biasanya berkisar antara 29-33 PSI, tergantung pada jenis dan ukuran ban.

Menjaga kondisi baterai

Baterai adalah komponen paling penting pada motor listrik. Sebaiknya gunakan jenis charger yang disediakan oleh pabrikan atau charger yang direkomendasikan. Lalu pastikan untuk selalu mengisi daya baterai sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku manual panduan penggunaan.

BACA JUGA:Selain di Obati, Dengan Panduan Pola Hidup Sehat Berikut, Asam Urat Anda Bisa Sembuh Kok

Saat melakukan proses pengisian, sebisa mungkin hindari adanya overcharging. Jangan biarkan baterai terlalu lama diisi daya setelah mencapai kapasitas penuh. Ini dapat merusak sel baterai dan memperpendek umur baterai.

Hindari juga kemungkinan terjadinya depleted battery. Usahakan untuk tidak menggunakan sepeda motor listrik sampai baterai sepenuhnya habis. Karena hal tersebut dapat mengurangi umur pakai baterai.

 

Khaidir Aruf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: