Iklan dempo dalam berita

Selain Pemenuhan Nutrisi, Ada 8 Kebaikan dan Manfaat Bagi Lansia Jika Rutin Konsumsi Susu

Selain Pemenuhan Nutrisi, Ada 8 Kebaikan dan Manfaat Bagi Lansia Jika Rutin Konsumsi Susu

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Susu merupakan salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi semua usia, termasuk untuk lansia. Kehidupan usia senja bukan merupakan masalah sederhana. Layaknya orang pada umumnya, lansia juga perlu menyesuaikan gaya hidup agar tetap sehat dan bugar. Salah satu penyesuaian yang perlu dilakukan oleh lansia adalah dengan minum susu sebagai pelengkap nutrisi selain makanan.

Seiring bertambahnya usia, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Salah satu perubahan tersebut adalah penurunan kepadatan tulang dan massa otot, serta menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh. Susu mengandung zat gizi penting yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

BACA JUGA: Alergi susu sapi? Coba Konsumsi Susu Kambing yang Punya Segudang Manfaat, Termasuk untuk Kecantikan

Faktanya, susu telah lama dikenal sebagai sumber energi yang sehat karena kadar nutrisinya yang sangat tinggi. susu ini dapat berperan dalam membantu pemenuhan kecukupan nutrisi dalam segala usia. Lalu apa saja manfaat yang dapat diperoleh bagi lansia saat mengonsumsi susu secara rutin?

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Lansia rentan terhadap kondisi Kesehatan tulang seperti osteoporosis, yang membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Susu yang kaya akan kalsium ini, yang diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang pada lansia yang sudah mulai rapuh. Konsumsi susu secara teratur dapat membantu lansia untuk mencegah terjadinya osteoporosis serta mengurangi risiko patah tulang.

BACA JUGA:Selain Enak Susu Kacang Almond Juga Memiliki Banyak Manfaat Loh Buat Tubuh Kamu

2. Menyediakan Asupan Protein yang Baik

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan otot. Lansia sering mengalami penurunan massa otot karena proses penuaan. Susu mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat membantu mempertahankan dan memperbaiki massa otot tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu kondisi umum pada lansia. Susu rendah lemak mengandung kolesterol baik (HDL) yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi susu rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada lansia.

BACA JUGA:Mengungkap Kebaikan untuk Kesehatan dari Segelas Susu Kedelai untuk Tubuh

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Banyak lansia mengalami penurunan berat badan yang tidak diinginkan karena berbagai faktor seperti penurunan nafsu makan dan penyerapan nutrisi yang mulai memburuk. Susu yang mengandung kalori dan lemak sehat  dapat membantu lansia mempertahankan berat badan ideal mereka. Selain itu, susu juga memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi risiko kekurangan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: