Iklan dempo dalam berita

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Dampak kolesterol tinggi bagi kesehatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kolesterol pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ia memiliki peranan yang penting bagi tubuh dalam pembentukan hormon, asam empedu, serta pembentukan dinding sel. 

Namun apabila jumlahnya melebihi ambang batas, kolesterol justru bisa menjadi masalah bagi tubuh. Salah satu hal yang berbahaya jika terjadi aterosklerosis atau penyumbatan pada dinding pembuluh darah yang berdampak terjadinya (penyakit) jantung koroner. 

BACA JUGA:Lagi Push Rank malah Lag? Ini Rekomendasi Handphone Gaming Anti Lag

Tiga Jenis Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol dalam tubuh sebenarnya tidak selalu memberi dampak buruk jika kadarnya normal. Namun penting untuk mengetahui jenis kolesterol apa saja yang ada dalam tubuh, yang kadarnya perlu diwaspadai. Berikut di antaranya:

1.Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein/LDL)

Jenis ini disebut kolesterol jahat karena dapat menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan, jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi. Jika sudah menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sirkulasi darah akan terganggu dan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dapat meningkat. 

BACA JUGA: Ini 7 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan, Begini Cara Mengolahnya

2.Kolesterol Baik (High Density Lipoprotein/HDL)

Seperti namanya, kolesterol baik atau HDL punya fungsi penting dalam tubuh, sehingga semakin tinggi kadarnya, maka semakin baik. Jenis kolesterol ini berfungsi untuk membawa kolesterol baik menjauh dari pembuluh darah dan kembali ke hati, untuk kemudian dipecah dan dikeluarkan dari dalam tubuh. 

3.Trigliserida

Selain kolesterol jahat dan baik, ada juga trigliserida yang merupakan jenis lemak yang paling umum di dalam tubuh. Fungsi dari jenis kolesterol ini adalah sebagai cadangan energi yang didapat dari makanan, yang diolah menjadi lemak di dalam tubuh. 

Kadar trigliserida juga perlu dijaga agar tetap normal. Kombinasi kadar trigliserida dan LDL yang tinggi, dengan HDL yang rendah, dapat membuat pembuluh darah dipenuhi lemak. Akibatnya risiko penyakit jantung dan stroke pun akan meningkat. 

BACA JUGA:Alami dan Murah, 10 Buah Ini Manfaatnya Sama Seperti Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: