Iklan dempo dalam berita

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Dampak kolesterol tinggi bagi kesehatan--

• Kurangi stres

• Lakukan olahraga secara rutin setidaknya selama 20–30 menit setiap hari

• Konsumsi makanan bergizi dan rendah kolesterol

BACA JUGA:Update Jadwal Pencairan BLT El Nino 2023, Besarannya Rp400.000 dan Langsung Cair

Dari upaya pencegahan bahaya kolesterol tinggi di atas, sangat penting sekali untuk menjalankan gaya hidup sehat. Mulailah dengan mengatur pola makan yang seimbang dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan trans, serta meningkatkan konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. 

Selain itu melakukan aktivitas fisik secara teratur, tidak merokok, dan menghindari konsumsi alkohol berlebih juga penting.

Dan bagaimana cara agar kita dapat mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh? Tentunya untuk mengetahui itu kita perlu mengunjungi laboraturium atau rumah sakit terdekat. Soal baik atau buruknya kadar kolesterol dalam tubuh, bisa dilihat dari kolesterol total, yang didapat dari jumlah LDL, HDL, dan trigliserida. Jadi, rumus untuk menghitung kolesterol total adalah jumlah LDL + jumlah HDL + 1/5 jumlah trigliserida. 

BACA JUGA:6 Tips Menjaga Rumah dari Maling, Bisa Pakai CCTV yang Dipantau via HP

Olesterol total yang tergolong normal adalah di bawah angka 200. Namun, perlu diketahui bahwa kolesterol total bisa saja lebih dari 200 dan tidak berisiko buruk untuk kesehatan, jika nilai HDL lebih tinggi dibanding LDL dan trigliserida. Jadi, melihat angka totalnya saja tak cukup, kamu juga perlu melihat kadar setiap jenis kolesterol. 

Lalu, batas kadar HDL yang masih aman untuk wanita adalah setidaknya berada di angka 55 dan untuk pria setidaknya 45. Sementara itu, untuk LDL, batas kadar normalnya adalah di bawah 130. Untuk trigliserida, batas kadar normal yang direkomendasikan adalah di bawah 150.

 

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: