Iklan dempo dalam berita

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Kolesterol kalau Sudah Terlalu Tinggi Seperti Ini Dampaknya, Wajib Waspada

Dampak kolesterol tinggi bagi kesehatan--

Berikut bahaya kolesterol tinggi yang perlu diketahui:

1. Serangan jantung

Pertama adalah serangan jantung. Jumlah kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit (aterosklerosis). Jika aliran darah menuju jantung terganggu, maka dapat menyebabkan penyakit jantung. Apabila tidak diobati, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, yaitu serangan jantung.

2. Batu empedu

Dalam sistem pencernaan, kolesterol dibutuhkan untuk memproduksi cairan empedu. Nah, cairan empedu ini berfungsi untuk mencerna lemak dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu.

BACA JUGA:9 Tips Aman Supaya Terhindar dan Tidak Jadi Korban Kriminalitas di Jalanan

3. Stroke

Jika penyempitan terjadi di pembuluh darah otak, maka fungsi otak akan terganggu. Fungsi otak yang terganggu akan berdampak buruk pada kemampuan berpikir, daya ingat, dan kondisi mental. Lebih parahnya lagi, kondisi ini juga dapat mengakibatkan stroke.

4. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan kolesterol di pembuluh darah arteri pada tungkai atau lengan, sehingga menimbulkan beberapa keluhan, seperti nyeri, kram, hingga mati rasa.

Kolesterol yang sudah mencapai level tinggi memang sangat membahayakan. Namun, tidak ada kata terlambat untuk kita melindungi diri dari bahaya kolesterol, berikut ragam cara yang dapa kita lakukan untuk menghindari kolesterol:

• Batasi konsumsi minuman beralkohol

• Hentikan kebiasaan merokok

• Jaga berat badan ideal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: