Iklan dempo dalam berita

Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

Jangan Hanya Oli Mesin, Oli Gardan Motormu Juga Wajib Diganti

--

2. Sepeda motor terasa berat

Tanda berikutnya dari motor kehabisan oli adalah terasa berat. Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga kerja mesin menjadi lebih ringan dan sepeda motor terasa lebih mudah untuk dikendarai, sebaliknya jika oli sudah mulai habis maka mesin tidak bisa terlumasi dengan baik jadi sepeda motormu akan terasa lebih berat saat digunakan.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah di Pasaran, Ini 5 Cara Bedakan Oli Matic Asli dan Palsu

3. Mesin mati mendadak

Oli mesin sepeda motor yang sudah habis juga bisa ditandai dengan mesin yang mati secara tiba–tiba saat sedang digunakan. Biasanya kamu juga akan kesulitan untuk menyalakan kembali sepeda motor terutama saat menggunakan electric starter.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan terus–menerus, tak menutup kemungkinan sepeda motormu akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi karena mesin sepeda motor akan menjadi lebih cepat panas, suara mesin terdengar lebih kasar, dan yang paling parah adalah piston akan terkunci akibat proses pemuaian dari panas yang ditimbulkan pada mesin.

BACA JUGA:8 Jenis Oli Matic yang Dianjurkan Untuk Honda vario 125 Kesayangan Bikers

Pelumas tambahan yang disebut dengan oli gardan atau oli transmisi matic ini memang dibutuhkan oleh kendaraan berkopling kering yang bertugas untuk melumasi khusus bagian transmisi matic.

Berbeda dengan motor manual yang hanya membutuhkan oli mesin, pada kendaraan matic terdapat oli gardan yang juga harus secara rutin diganti. Interval penggantiannya memang lebih lama jika dibandingkan dengan oli mesin.

BACA JUGA:Efek Telat Ganti Oli Mesin Matic, Motor Mati Total

Mengutip Suzuki, selain menimbulkan suara bising, masih ada beberapa ciri lainnya yang menandakan bahwa oli gardan harus segera diganti. Berikut daftarnya.

Muncul suara bising

Ciri oli gardan motor matic habis yang pertama adalah munculnya suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Letak box CVT ada di gardan atau roda belakang motor matic.

Suara yang timbul seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat berisik sampai terdengar suara kletek-kletek saat motor dikendarai.

BACA JUGA:7 Efek Motor Telat Ganti Oli, Selain Over Heating, Poin Nomor 7 Bikin Dompet Terkuras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: